Warga Blitar Temukan Relief dan Komponen Candi Dekat Punden Joko Pangon

Erliana Riady - detikNews
Jumat, 06 Sep 2019 09:45 WIB
Relief yang ditemukan warga Blitar/Foto: Erliana Riady
Relief yang ditemukan warga Blitar/Foto: Erliana Riady
Blitar - Warga Gedog, Sananwetan kembali menemukan relief dan fragmen komponen candi. Relief dan fragmen itu ditemukan tak jauh dari Punden Joko Pangon.

Ada dua bagian relief yang ditemukan warga. Yang pertama menggambarkan dua wanita berambut panjang. Dua wanita itu digambarkan tengah duduk di bawah pohon yang lebat daunnya.

Bagian kedua, serupa fragmen batu yang terdapat pahatan Kala. Fragmen ini warnanya sedikit berbeda dengan batuan andesit yang biasa dipahat dalam komponen Candi Gedog. Warnanya lebih cerah, seperti berbahan dasar semen.


"Iya kami telah menerima laporan temuan baru. Ada relief dan beberapa fragmen benda yang merupakan bagian dari komponen candi. Tapi perlu dikaji lagi karena kami hanya menerima gambar melalui WhatsApp saja," ujar Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (6/9/2019).

Untuk mengamankan temuan baru itu, BPCB Jatim berkoordinasi dengan pihak Camat Sananwetan dan Disbudpar Pemkot Blitar.

"Kami akan minta tolong dinas untuk melakukan langkah-langkah pendataan dan pengamanan terhadap temuan hari ini. Sampai ada tindak lanjut ekskavasi awal Oktober nanti," imbuh pria yang akrab disapa Wicaksono.
Selanjutnya
Halaman
1 2