detikNews
2019/09/04 08:40:11 WIB

Dua Arca Kepala Kala Juga Ada di Punden Joko Pangon Blitar

Erliana Riady - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dua Arca Kepala Kala Juga Ada di Punden Joko Pangon Blitar Dua arca kepala Kala di punden (Erliana Riady/detikcom)
Blitar - Penemuan arca kepala Kala di Blitar membuat banyak warga penasaran. Sebab, mereka juga melihat dua arca serupa berada di depan pintu masuk punden Joko Pangon.

Lokasi sawah ditemukan arca kepala Kala dengan punden hanya sekitar 100 meter arah utara. Punden ini dipercaya warga sekitar sebagai tempat bersemayamnya tokoh yang membuka wilayah Gedog, Joko Pangon.

Saat ini juru kunci punden itu adalah Mansyur. Pria 46 tahun itu juga sebagai Ketua RT 2 RW 8, lokasi ditemukan arca kepala Kala di area sawah warga. Mansyur tidak tahu persis bagaimana proses dua arca kepala Kala diletakkan di depan punden Joko Pangon.


"Saya ini juru kunci keempat. Jadi tidak tahu persisnya gimana dua arca yang sama ada di depan punden Joko Pangon. Setahu saya, sejak saya masih kecil, dua arca itu sudah di situ tempatnya," ucap Mansyur kepada detikcom di rumahnya, Desa Gedog, Kecamatan Sananwetan, Rabu (4/9/2019).

Sepengetahuan Mansyur, di punden Joko Pangon inilah semua aktivitas ritual warga Gedog dimulai. Apalagi jika mereka akan menggelar hajatan besar. Ritual digelar agar acara yang mereka rencanakan bisa berjalan lancar dan sukses.

"Istilahnya mohon doa restu danyangan sini. Karena pernah ada yang menggelar jaranan, tapi tidak ritual di sini. La kok yang main jaranan ndak bisa disembuhkan pas kesurupan," ungkapnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com