detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 21:55 WIB

50 Siswa Peserta Lomba Baris-berbaris Kota Pasuruan Pingsan Kepanasan

Muhajir Arifin - detikNews
50 Siswa Peserta Lomba Baris-berbaris Kota Pasuruan Pingsan Kepanasan Para pelajar sedang merawat temannya yang pingsan/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Sekitar 50 peserta lomba Peraturan Baris-berbaris (PBB) tingkat SMP dan SMA Kota Pasuruan pingsan setelah mencapai garis finish. Cuaca panas dan kondisi badan kurang sehat diduga menjadi penyebab para siswa ini ambruk.

Lomba PBB dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI diikuti semua SMP dan SMA se-Kota Pasuruan. Lomba ini menempuh jarak 7 kilometer dengan start dan finish di GOR Untung Suropati. Lomba ini dimulai siang hari saat matahari sangat terik.

Pelaksanaan lomba berjalan lancar sejak persiapan hingga start. Semua peserta tampak semangat dan antusias menyusuri rute yang ditentukan meski cuaca panas. Aksi mereka diapresiasi warga yang menonton di sepanjang jalan yang dilintasi.


Namun saat para peserta sampai di garis finish, terlihat satu per satu ambruk pingsan. Awalnya, peserta yang pingsan ditangani di lokasi oleh petugas PMI yang siaga. Beberapa peserta lain yang akhirnya pingsan juga mendapatkan pertolongan dari teman-temannya.

Kondisi semakin kacau karena semakin banyak peserta yang ambruk. Sebagian peserta harus dilarikan ke rumah sakit. Petugas PMI tampak kewalahan menangani peserta yang pingsan.

"Ada sekitar 50 yang pingsan. Sebagian besar dari SMA," kata Halimatus Sa'diyah, petugas PMI yang memberikan pertolongan, Selasa (27/8/2019).


Halimatus mengatakan, penyebab pingsan massal ini karena dehidrasi dan kondisi tubuh kurang sehat. "Karena kekurangan cairan rata-rata sebabnya. Ada yang kondisinya kurang fit," terangnya.

Halimatus mengatakan, semua peserta yang pingsan tertangani meski pihaknya sempat kewalahan. "Sebagian kami tangani di sini, sebagian lagi ke rumah sakit," imbuhnya.

Aminah, salah satu peserta yang sempat pingsan mengatakan, ia mengalami pusing dan mata berkurang-kunang saat finish. Meski sempat pingsan, ia mengaku sudah lebih baik.

"Mata kunang-kunang, lalu nggak ingat apa apa," katanya.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com