Warga Papua di Tuban Antusias Ikut Lomba Agustusan dengan Polisi

Warga Papua di Tuban Antusias Ikut Lomba Agustusan dengan Polisi

Ainur Rofiq - detikNews
Kamis, 22 Agu 2019 18:06 WIB
Warga Papua Agustusan Bersama Polisi Tuban/Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Para pelajar asal Papua yang kebetulan sedang tugas belajar di Bumi Wali Tuban memeriahkan Agustusan HUT Kemerdekaan RI yang ke 74.

Para pelajar yang semuanya putri itu berbaur dengan keluarga besar bhayangkari Polres Tuban untuk ikut lomba voli Putri, makan kerupuk dan balap karung.

Bertempat di lapangan Polres Tuban, para pelajar dari berbagai kota di Papua ini terlihat antusias mengikuti berbagai macam perlombaan.

Salah satu pelajar SMK Abdi Negara, Enjelika (15) asal Merauke Papua menuturkan dirinya sangat senang karena masyarakat Tuban damai dan bersatu.

Kapolres Nanang diangkat sebagai bapak asuh warga Papua/Kapolres Nanang diangkat sebagai bapak asuh warga Papua/ Foto: Ainur Rofiq

"Di sini tenang-tenang saja. Agustusan banyak lomba-lomba juga. Harapannya warga bersatu damai. Karena kita satu. Kalau kita tidak bersatu berarti kita bukan apa-apa," kata Enjelika, Kamis (22/8/2019).


Sementara Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono yang melihat keseruan lomba-lomba tersebut kaget manakala didatangi para pelajar asal Papua dan mengatakan dirinya diangkat menjadi bapak asuh di Bumi Wali Tuban. Dan sebagai penghormatan, mereka menyematkan tanda kehormatan berupa ikat kepala khas Papua.

"Terima kasih kepada para pelajar dari Papua yang selama ini tinggal dan belajar di Tuban. Saya kaget dan senang sekali diberi hadiah dan diangkat sebagai bapak asuh. Kita semua memang saudara," ucap kapolres.

Kapolres menambahkan hingga kini warga papua yang ada di Tuban ada 11 orang. Selain para pelajar, ada juga yang bekerja. "Kita beri jaminan aman dan nyaman bagi semua warga negara," tegasnya.

Setelah diangkat jadi bapak asuh, pihaknya berusaha memberikan semangat kepada para pelajar Papua untuk belajar dan sering bersilaturahmi setiap satu bulan sekali.




Tonton Video Gelak Tawa di Lomba HUT RI Prajurit TNI AL Indonesia Vs Marinir AS:

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)