detikNews
Rabu 21 Agustus 2019, 20:43 WIB

KPU Surabaya Kirim Surat Penundaan Pelantikan Anggota DPRD ke Gubernur

Amir Baihaqi - detikNews
KPU Surabaya Kirim Surat Penundaan Pelantikan Anggota DPRD ke Gubernur Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - KPU Kota Surabaya telah mengirimkan surat penundaan pelantikan caleg terpilih Partai Demokrat Ratih Retnowati. Surat itu dikirimkan ke Gubernur melalui Wali Kota Surabaya.

"Surat penundaan pelantikan sebagaimana amanat PKPU nomor 5 tahun 2019 sudah kami kirimkan ke gubernur melalui wali kota," kata Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi kepada wartawan usai dengar pendapat di Komisi A DPRD Surabaya, Rabu (21/8/2019).

Menurut Syamsi, dikirimnya surat penundaan setelah pihaknya telah menerima surat penetapan status tersangka dari Kejaksaan Negeri Tanjung Perak. Sebab surat tersebut merupakan bagian dari dokumen kelengkapan untuk usulan penundaan.


"Dokumen itu menjadi salah satu kelengkapan usulan penundaan. ketika kami sudah menyampaikan, berarti sudah menjadi bagian dari kelengkapan dokumen yang harus kami sampaikan.Itu menjadi salah satu dokumen wajib yg harus kami lampirkan di dalam surat pengajuan, usulan," jelas Syamsi.

Sebelumnya, KPU Surabaya mengajukan penundaan pelantikan salah seorang Anggota DPRD terpilih 2019-2024. Pasalnya, yang bersangkutan telah berstatus sebagai tersangka kasus Jasmas.


Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan, pihaknya saat ini masih mengurus dokumen penetapan tersangka di kejaksaan. Dokumen tersebut kemudian akan dikirim dan dilampirkan untuk disetujui penundaannya.

"Kita masih meminta dokumen penetapan tersangka ke institusi Kejari Surabaya maupun Kejari Tanjung Perak. Dokumen nanti dilampirkan dalam surat permohonan penundaan pelantikan ke Gubernur Jawa Timur untuk disetujui. Nanti keputusan tergantung sama pihak yang melantik (gubernur)," kata Syamsi .




Tonton Video Mendagri Ambil Alih Pelantikan Sekda Kaltim:

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +