detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 13:11 WIB

Pengganti Upacara Bendera, Penumpang KA Nyanyi Lagu Indonesia Raya

Ardian Fanani - detikNews
Pengganti Upacara Bendera, Penumpang KA Nyanyi Lagu Indonesia Raya Para penumpang KA menyanyikan lagu Indonesia Raya (Foto: Istimewa)
Banyuwangi - Peringatan HUT ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia tak hanya dilakukan dengan cara upacara. Bahkan di atas kereta pun juga dilaksanakan kegiatan peringatan kemerdekaan dengan cara menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Tepat pukul 10.00 WIB, PT KAI DAOP 9 Jember mengajak penumpang menyanyikan lagu kebangsaan tersebut dengan khidmat. Kegiatan ini digelar di atas kereta api Mutiara Pagi relasa Banyuwangi-Surabaya, Sabtu (17/8/2019).

Dipimpin oleh kondetur perjalanan kereta api, penumpang diajak berdiri dan bersikap siap. Mereka kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dengan khidmat para penumpang bernyanyi sebagai bentuk menumbuhkan nasionalisme penumpang maupun para petugas kereta api.


Pengganti Upacara Bendera, Penumpang KA Nyanyi Lagu Indonesia RayaFoto: Istimewa

"Memperingati HUT ke 74 RI, tepat pukul 10.00 WIB serentak di seluruh kereta api dilaksanakan menyanyikan lagu Indonesia Raya di semua kereta api," ujar Luqman Arief, Manager Humas PT KAI Daop 9 Jember kepada detikcom.

Kegiatan ini, kata Luqman, diharapkan dapat menumbuhkan nasionalisme kepada seluruh masyarakat termasuk penumpang KA yang ada dalam perjalanan KA.


"Hanya menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tidak ada pengibaran bendera karena ada di dalam kereta. Kami harap ini menumbuhkan nasionalisme seluruh yang ada di kereta api," tambahnya.

Kegiatan ini diberlakukan untuk semua kereta api di Daop 9 Jember, baik kereta api lokal maupun antar Daop.


Simak Juga Video: Salah Lirik Nyanyikan ''Indonesia Raya'', Rossa Minta Maaf

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com