Saat Warga Pacitan Upacara di Hamparan Pasir Lalu Bersih-bersih Pantai

Purwoto Sumodiharjo - detikNews
Sabtu, 17 Agu 2019 12:19 WIB
Warga Pacitan menggelar upacara di pantai (Foto: Purwo Sumodiharjo)
Pacitan - Beragam keunikan mewarnai peringatan HUT Ke-74 RI di Pacitan. Ini seperti berlangsung di Pantai Taman, Kecamatan Ngadirojo. Ratusan warga menggelar upacara di hamparan pasir. Tidak itu saja, kegiatan juga dilanjutkan dengan bersih-bersih pantai.

Warga yang mengikuti upacara berasal dari beragam elemen. Selain masyarakat sekitar, mereka juga merupakan perwakilan dari unsur pemuda, organisasi massa, aktivis, hingga anggota perguruan bela diri.

Tidak itu saja, dari unsur pemerintah tampak hadir Kepala Desa Hadiwarno. Personel dari polsek dan koramil juga berada di antara peserta.


"Alhamdulillah. Upacara berjalan lancar. Pesertanya juga banyak," ucap Condro, pengelola obyek wisata Pantai Taman berbincang dengan detikcom, Minggu (17/8/2019) pagi.

Condro mengatakan, meski baru pertama kali di laksanakan di area yang dikenal sebagai penangkaran penyu ini, upacara berlangsung meriah. Acara lantas dilanjutkan penyerahan bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan.


Mengakhiri kegiatan, seluruh peserta upacara menuju ujung barat pantai. Dimulai dari kawasan muara tersebut mereka menyusuri pesisir untuk membersihkan pantai dari sampah.

"Semangat warga kami ini sangat membanggakan," kata Heri Setiono, Camat Ngadirojo seraya menyebutkan di wilayahnya peringatan HUT Ke-74 RI dimeriahkan dengan 30 kegiatan. (iwd/iwd)