detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 14:45 WIB

Yuk, Nostalgia Perjuangan di Gapura Graha Merdeka Majapahit Polres Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Yuk, Nostalgia Perjuangan di Gapura Graha Merdeka Majapahit Polres Mojokerto Gapura Graha Merdeka Majapahit Polres Mojokerto/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74, penampilan tempat-tempat pelayanan publik di Polres Mojokerto dibuat berbeda. Dengan gapura berkonsep Graha Merdeka Majapahit, polisi mengajak para pengunjung mengenang masa-masa perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan dari penjajah.

Salah satu yang tidak biasa adalah gapura di pintu masuk Mapolres Mojokerto, Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari. Gapura nampak megah ini didesain dengan konsep Graha Merdeka Majapahit.

Bangunan utama gapura didesain dengan gaya arsitektur kolonial Belanda. Bagian yang unik adalah adanya lambang negara Garuda Pancasila raksasa dan simbol Surya Majapahit. Selain itu juga terdapat tulisan 2019 dan 1945 yang menyiratkan sebuah kenangan pada masa awal kemerdekaan RI 74 tahun silam.

Masuk lebih dalam, terdapat barisan gapura kecil bertuliskan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 74 dengan foto Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan dan Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno. Umbul-umbul merah putih juga menghiasi atap di depan pos penjagaan dan SPKT Polres Mojokerto.

"Gapura Graha Merdeka Majapahit ini menggambarkan nuansa zaman kolonial Belanda, Garuda Pancasila menggambarkan kedaulatan NKRI, logo Surya Majapahit menggambarkan Majapahit yang pernah menyatukan nusantara," kata Kapolres Mojokerto AKBP Setyo Koes Heriyatno kepada detikcom, Jumat (16/8/2019).


Setyo menjelaskan, gapura berkonsep Graha Merdeka Majapahit ini dibuat untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 74. Melalui perpaduan bangunan kolonial, angka tahun dan Garuda Pancasila pada gapura tersebut, pihaknya ingin mengajak para pengunjung untuk mengenang kembali masa-masa perjuangan merebut kemerdekaan RI dari penjajah. Selain itu, pembuatan gapura Graha Merdeka Majapahit ini untuk meramaiakan festival gapura cinta negeri.

"Gapura ini pembangunannya gotong-royong oleh anggota kami dan masyarakat sekitar. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk kembali menumbuhkan sifat gotong-royong dan kebanggaan terhadap kemerdekaan RI seperti zaman dulu. Karena dulu masyarakat berlomba-lomba membangun kebanggaan bagi Indonesia," terangnya.

Tidak hanya bersolek, Polres Mojokerto juga meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Seperti yang terlihat di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM dan kantor Samsat. Sejak 10 Agustus 2019, seluruh personil polisi di kedua tempat itu memakai kostum pejuang.

Beragam fasilitas publik juga dibuat untuk memanjakan pemohon SIM maupun keluarga yang mengantarkan pemohon. Para pengantar kini bisa menikmati suguhan teh gratis tiap Rabu dan Jumat di Green and Tea Corner tepat di sebelah selatan Satpas Satlantas Polres Mojokerto.

Di dalam Satpas sendiri kini dilengkapi smoking area dan tempat bermain anak. Sementara Majapahit Coaching Clinic menyediakan fasilitas bagi calon pemohon SIM untuk berlatih ujian teori dan praktik. Sejumlah foto booth juga dibuat bagi para penggila selfie.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed