detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 13:32 WIB

Sambut HUT RI, Polres Banyuwangi Gelar Lomba Gapura Antar Polsek

Ardian Fanani - detikNews
Sambut HUT RI, Polres Banyuwangi Gelar Lomba Gapura Antar Polsek Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Peringatan HUT Republik Indonesia disambut warna-warni di Banyuwangi. Masyarakat mengibarkan bendera dan umbul-umbul di sepanjang jalan. Tak hanya itu, warga juga menghiasi jalan dan depan rumah dengan lampu warna-warni.

Tak hanya masyarakat, sebanyak 25 polsek di bawah naungan Polres Banyuwangi juga berlomba untuk menghias gapura masing-masing polsek. Mereka berlomba membuat dan mendesain gapura polsek secantik dan serapi mungkin untuk menjadi jawara yang terbaik memperebutkan hadiah dari Kapolres Banyuwangi.

"Kita dari Polres Banyuwangi, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke-74, menggelar lomba gapura tingkat Polres Banyuwangi," ujar Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi kepada detikcom, Jumat (16/8/2019).

Perwira dengan dua melati di pundak ini menambahkan lomba-lomba diharapkan mampu untuk mengajak masyarakat agar meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap kebangsaan. Tak hanya itu, tujuan dilombakan ini untuk memotivasi semangat nasionalisme semangat cinta tanah air menghormati jasa para pahlawan.


"Gapura sebagai pintu gerbang sebuah kantor atau kampung, sebagai cermin dari wajah. Makanya harus cantik dan tampan. Harus bersih dan penuh keindahan," tambahnya.

"Pemenang gapura yang dibuat di masing-masing polsek jajaran akan kita kirimkan untuk mengikuti Festival Gapura Cinta Negeri dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT RI Ke-74 tahun 2019 di tingkat polda dan nasional," terang kapolres.

Adapun penilaian yang dilakukan meliputi kreativitas, desain hingga memberikan pesan-pesan moral bertemakan HUT kemerdekaan Indonesia. "Animonya sangat baik, respon terlihat meriah. Nanti tanggal 17 setelah upacara kita umumkan pemenangnya," pungkasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed