detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 12:59 WIB

Sinergi Polisi, TNI, dan Stakeholders di Tanjung Perak dalam Sebuah Gapura

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Sinergi Polisi, TNI, dan Stakeholders di Tanjung Perak dalam Sebuah Gapura Gapura Polres Pelabuhan Tanjung Perak (Foto: Istimewa)
Surabaya - Pintu gerbang Polres Pelabuhan Tanjung Perak sekarang berganti. Sebagai gantinya, sebuah gapura berdiri cukup megah. Buat apa ada gapura di kantor polisi pelabuhan tersebut?

"Kami dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak sengaja membangun gapura untuk merayakan HUT ke-74 RI," ujar Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto kepada wartawan, Jumat (16/8/2019).

Agus mengatakan pembangunan gapura ini selaras dan sejalan dengan program pemerintah. Terlebih presiden membuat lomba Gapura Cinta Negeri. Konsep gapura milik Polres Pelabuhan ini akan dikirim Agus ke website lomba tersebut.

"Akan kami ikutkan. Minimal kami berpartisipasi, mau juara atau tidak itu urusan dari juri. Setiap polres juga membuat gapura," kata Agus.

Agus menjelaskan tema gapura yang dibangun Polres Pelabuhan Tanjung Perak adalah sama dengan tema HUT RI yakni SDM unggul Indonesia maju. Tema ini menggambarkan sinergi antara polisi, TNI, dan stakeholders di Pelabuhan Tanjung Perak.


Foto: Istimewa


"Kalau stakeholders di Pelabuhan Tanjung Perak dan SDM-nya unggul, maka akan membawa kemajuan di Indonesia," lanjut Akpol Angkatan 2000 ini.

Agus menerangkan bahwa Pelabuhan Tanjung Perak merupakan salah satu pelabuhan unggulan karena menerima langsung impor dari luar negeri, dan tak singgah di pelabuhan lainnya. Keunggulan yang ada di Pelabuhan Tanjung Perak sangat memperngaruhi kemajuan bangsa Indonesia.

"SDM Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan stakeholders adalah SDM yang unggul supaya kita bisa membangun Indonesia yang lebih maju," tandas Agus.

Berdirinya gapura ini diiringi oleh pertunjukan reog Ponorogo. Gapura ini sendiri didominasi oleh warna merah putih sebagai penanda bendera Indonesia. Sinergi antar TNI dan stakeholders disimbulkan dengan gambar patung Jalasveva Jayamahe. Sementara sinergi dengan stakeholders disimbulkan dengan gambar peti kemas dan crane.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed