detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 16:35 WIB

Pedagang Miras di Tulungagung Hanya Dibina Setelah Terkena Razia

Adhar Muttaqin - detikNews
Pedagang Miras di Tulungagung Hanya Dibina Setelah Terkena Razia Miras yang diamankan polisi Tulungagung/Foto: Adhar Muttaqin
Tulungagung - Ratusan botol minuman keras ilegal dari sembilan toko dan warung di Tulungagung diamankan. Sayangnya, seluruh pedagang tidak diproses secara hukum dan hanya mendapat pembinaan.

Kasat Reskrim Polres Tulungagung AKP Hendi Septiadi mengatakan, total miras yang diamankan sebanyak 947 botol. Yang sebagian besar masih tersimpan dalam kardus. Miras tersebut disita dari sembilan lokasi. Di antaranya di warung dan toko Desa Ketanon serta Pinggirsari.

"Ini merupakan upaya pemberantasan minuman keras untuk mengantisipasi jangan sampai kegiatan masyarakat itu terjadi keributan-keributan akibat dari pengaruh minuman beralkohol," kata Hendi, Selasa (13/8/2019).


Dalam razia tersebut, para pemilik toko dipastikan tidak memiliki izin dari pemerintah setempat untuk memperdagangkan miras kepada masyarakat. Sehingga mereka menjual miras secara sembunyi-sembunyi.

"Kami tidak melakukan proses hukum terhadap pemilik toko, namun kami lakukan pembinaan. Mereka menyadari atas kesalahannya dan bersedia tidak mengulangi perbuatannya. Kalau pedagangnya punya izin ya tidak ada masalah," imbuhnya.


Meski demikian, seluruh barang bukti miras langsung dibawa ke Polres Tulungagung untuk dilakukan proses pemusnahan bersama barang bukti sejenis dari daerah lain. Hendi menyampaikan, ratusan miras tersebut sebagian besar didatangkan langsung dari luar kota. Sedangkan beberapa yang lain mendapat kiriman barang dari pemasok lokal Tulungagung.

"Untuk sekarang tidak diproses, namun kalau kembali mengulangi, kami akan menerapkan Undang-undang pangan," imbuhnya.

Perwira pertama ini menjelaskan peredaran miras ilegal di Tulungagung relatif tinggi. Hal tersebut perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak. Sebab apabila peredaran miras tidak dikendalikan dengan baik, bisa memicu berbagai kerawanan di masyarakat, termasuk tindakan kriminal.




Tonton Video Polisi Menyita Ribuan Miras Ilegal di Makassar:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com