detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 16:20 WIB

Bu Risma... Jukir Liar di Taman Suroboyo Banyak Dikeluhkan Warga

Amir Baihaqi - detikNews
Bu Risma... Jukir Liar di Taman Suroboyo Banyak Dikeluhkan Warga Karcis yang dibuat juru parkir liar/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menertibkan juru parkir (jurkir) liar yang beroperasi di Taman Suroboyo. Penertiban itu dilakukan karena banyaknya keluhan pengunjung.

"Benar karena sebelumnya banyak laporan dari masyarakat yang masuk melalui pihak kepolisian maupun di command center 112," kata Kasi Pengelolaan Parkir Dishub Kota Surabaya Wandi Fauzi kepada detikcom, Selasa (13/8/2019).

Dalam penertiban itu, lanjut Wandi, seorang Seorang jurkir diamankan. Tak hanya itu, turut disita sejumlah karcis parkir tak resmi.


"Jukir liarnya ada dugaan telah melakukan tipiring (tindak pidana ringan) dibawa ke Polrestabes. Kita juga sita beberapa karcis parkir bikinannya bergambar Taman Suroboyo dari tangannya," terang Wandi.

Wandi menjelaskan, sebenarnya di area Taman Suroboyo ada 2 area parkir resmi. Dua area parkir itu saat ini dikelola oleh lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan (LPMK).


"Parkir resmi kita ada. Biasaya beroperasi dari sore sampai malam. Biasanya untuk kendaraan R2 kita tarik Rp 1 ribu dan R4 Rp 3 ribu. Pengelolanya dari masyarakat setempat seperti LPMK dan RT RW setempat," imbuhnya.

Menurut Wandi, Dishub juga selama ini telah menempatkan sejumlah petugas untuk memantau pergerakan parkir liar. Namun para jukir tetap saja nekat beroperasi.

"Sudah kita terjunkan petugas. Tapi kalau petugas tidak ada mereka baru beroperasi. Kita kan tidak mungkin menempatkan full petugas di sana. Tapi ini rencananya kita akan melakukan rutin operasi penindakan secara berkala," pungkasnya.




Tonton Video Ajak 10 Ribu Relawan, Risma Pimpin Kerja Bakti di Pesisir Suramadu:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com