detikNews
Senin 12 Agustus 2019, 15:19 WIB

Caleg Golkar yang Gugat KPU Surabaya Girang Suaranya Kembali di PSSU

Amir Baihaqi - detikNews
Caleg Golkar yang Gugat KPU Surabaya Girang Suaranya Kembali di PSSU Caleg Partai Golkar Agoeng Prasdjo/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Penghitungan surat suara ulang (PSSU) di tiga TPS Surabaya yang digugat Caleg Partai Golkar Agoeng Prasdjo, rampung. Saat ini, KPU akan merekapitulasi hasil penghitungan ulang.

"Proses pelaksanan penghitungan surat suara ulang di tiga TPS 30, 31 Putat Jaya, dan 50 Simomulyo Baru. Sampai siang ini ketiga TPS sudah selesai," kata Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi kepada wartawan, Senin (12/8/2019).

Usai merampungkan, lanjut Syamsi, KPU akan melanjutkan ke tahapan rekapitulasi berjenjang. Dari hasil rekapitulasi itu nantinya akan ditetapkan perolehan suara Golkar di Dapil 4.


"Setelah ishoma akan dilanjutkan dengan rekapitulasi berjenjang mulai dari tingkat kelurahan, dilanjut tingkat kecamatan kemudian rekap kota untuk Dapil 4. Nah setelah itu akan kita tetapkan perolehan suara untuk Partai Golkar Dapil 4 baik terhadap untuk partai politik maupun untuk caleg," terangnya.

Menurut Syamsi, saat ini pihaknya belum mengetahui persis adanya pergeseran suara yang dialami Agoeng Prasodjo. Namun ia mengakui setelah penghitungan ulang memang ada kelebihan satu suara di TPS 50 Kecamatan Simomulyo Baru.

"Kita belum tahu persislah, karena kita menunggu proses (rekapitulasi) berjenjang itu. Kita lihat saja di TPS tadi 50 awalnya terjadi kesalahan penjumlahan dari awal ada 44 menjadi 45 suara," teranganya.


Secara terpisah caleg Partai Golkar Agoeng Prasodjo saat ditanya tentang penghitungan ulang mengaku puas. Sebab dari hasil penghitungan, suara yang hilang telah kembali lagi.

"Saya katakan ini human error mungkin karena ngantuk. Saya berharap KPU ke depan lebih profesional, lebih teliti karena ini akan berdampak pada nasib orang," ujar Agoeng.

"Jadi total saya kehilangan 69 suara. Pak A'an (caleg Golkar nomor urut 1) ketambahan 47 suara ya kemarin. Tapi sekarang kembali ke kita lagi. Selisihnya 38 suara di tiga TPS itu," tandas Agoeng.



Tonton video Pilpres 2024, ARB: Golkar Usung Calon Sendiri:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed