detikNews
Jumat 09 Agustus 2019, 10:49 WIB

Pengamat Politik Sebut PKB dan PDIP Mustahil Koalisi di Pilbup Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
Pengamat Politik Sebut PKB dan PDIP Mustahil Koalisi di Pilbup Malang Plt Bupati Malang Sanusi (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang - PKB dan PDIP mustahil berkoalisi di Pilbup Malang 2020. Hal itu disampaikan pengamat politik Universitas Brawijaya, Malang.

Kedua parpol sama-sama memiliki kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Malang. Menurut pengamat politik Universitas Brawijaya Wawan Sobari, PKB harus cerdas memilih calon bupati untuk memenangi pilbup.

"PKB harus jeli dan tepat memilih calon pada Pilbup Malang 2020. Karena sangat mustahil kedua partai itu berkoalisi. Calon yang direkom harus diperhitungkan agar bisa memperoleh suara tinggi," kata Wawan, Jumat (9/8/2019).


Menurut Wawan, calon yang diusung jangan hanya berbekal popularitas. Sebab, itu belum tentu menjamin elektabilitas seseorang dalam pilkada.

"Hasil riset kami mulai tahun 2010, figur sangat menentukan tingkat keterpilihan di masyarakat. Melihat itu, partai harus cerdas memilih calonnya. Jadi tidak hanya meramaikan kontestasi apabila harapannya untuk menang di pilkada," tutur Wawan.

Bila berkaca pada Pilbup Malang 2015, lanjut Wawan, pasangan calon yang diusung PDIP terbukti gagal memenangi pilkada. Karena lawan mereka adalah Rendra Kresna, yang memiliki kans cukup kuat dan merupakan calon petahana.

"Pak Sanusi, yang diusung PKB berkoalisi dengan NasDem, sangat diuntungkan kala itu. Karena kemenangan disumbang penuh elektabilitas Rendra Kresna sebagai calon petahana," sambung dosen Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya ini.


Sanusi kini menjabat Plt Bupati Malang. Ia mengaku belum terpikir untuk maju di Pilbup Malang 2020. Sebagai kader, Sanusi lebih menunggu keputusan final dari partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu.

"Belum, saya belum berpikir ke sana. Saya menunggu keputusan partai. Jika memang dipercaya oleh partai, tentu saya akan mengikutinya," kata Sanusi terpisah.

Selain Sanusi, beberapa nama kader PKB digadang-gadang akan meramaikan bursa pencalonan di Pilbup Malang 2020. Mereka antara lain Ketua DPP PKB Saifullah Maksum dan Ali Achmad, yang menjabat Ketua DPC PKB Kabupaten Malang.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com