Resmikan Kebun Bunga Dewi Cemara, Khofifah: Inovasi Harus Digalakkan

Andhika Dwi - detikNews
Kamis, 08 Agu 2019 18:33 WIB
Kebun Bunga Dewi Cemara (Foto: Andhika Dwi)
Kediri - Kebun Bunga Desa Wisata Cerdas Mandiri dan Sejahtera (Dewi Cemara) diresmikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Kebun bunga itu ada di Desa Kedungmalang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri.

Menurut Khofifah, Kebun Bunga Dewi Cemara merupakan gagasan Pemprov Jatim yang direalisasikan di Kabupaten Kediri. Tidak hanya meresmikan tempat wisata itu, hari ini juga digelar acara Inovasi Teknologi Tanaman Pangan dan Hortikultura.

"Ini adalah inovasi yang digagas Pemprov Jatim dan dilakukan di desa yang sudah disiapkan sebagai pilot project Dewi Cemara, yakni di Desa Kedungmalang," kata Khofifah, Kamis (8/8/2019).


Ada beberapa inovasi yang dikembangkan Pemprov di desa tersebut, di antaranya budi daya tanaman hortikultura, budi daya cacing pakan, dan budi daya sapi perah.

"Maka yang kita ingin lakukan di sini adalah menanam beberapa inovasi dari bibit varietas unggul, seperti kenikir hibrida ini. Selain dari tanaman, ada budi daya cacing yang diharapkan akan memberi manfaat dan nilai tambah lain selain tanaman yang bisa memberikan manfaat bagi desa ini," imbuh Khofifah.

Dengan adanya desa wisata baru, Khofifah berharap dapat memberikan wawasan bagi masyarakat Kabupaten Kediri untuk lebih mengenal jenis tanaman pangan dan hortikultura, sehingga bisa memancing masyarakat untuk membudidayakannya.


Mantan Menteri Sosial itu juga mengatakan berbagai inovasi harus terus digalakkan, terutama inovasi teknologi agar di Kabupaten Kediri tercipta desa-desa unggul yang bisa bersaing dengan desa maju lainnya.

"Kita juga berharap ada kemandirian minimal di Desa Kedungmalang ini. Kemudian, hari ini kita tidak mungkin cerita daya saing tanpa adanya inovasi. Hari ini tidak mungkin kita cerita daya saing tanpa adanya inovasi teknologi. Maka teknologi pertanian di sini bersama dengan bibit-bibit unggul yang ada diharapkan bisa mempercepat penyejahteraan masyarakat Jatim," pungkasnya.

Masyarakat diimbau melakukan intensifikasi penanaman pada lahan yang ada. Untuk menunjang kemampuan pengolahan, menurut Khofifah, pihaknya telah membangun kemitraan dengan perguruan tinggi di Jatim.




Tonton Video Bukan di Belanda, Bunga-bunga Ini Ada di Bondowoso:

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)