Respons Putusan MK, KPU Surabaya akan Hitung Ulang Surat Suara Pileg

Amir Baihaqi - detikNews
Kamis, 08 Agu 2019 16:41 WIB
KPU Surabaya/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - KPU Kota Surabaya merespons keputusan MK yang memerintahkan penghitungan surat suara ulang (PSSU) Pileg di tiga TPS. Yakni di TPS 30 dan TPS 31 Putat Jaya serta TPS 50 di Kelurahan Simomulyo Baru.

Salah satu komisioner KPU Surabaya Soeprayitno mengatakan, besok pihaknya akan menggelar rapat teknis PSSU. Sedangkan pelaksanaannya akan dilakukan pada Sabtu (10/8) mendatang.

"Jumat besok KPU Surabaya rapat tentang teknis penghitungan surat suara ulang yang rencananya digelar Sabtu dan dihadiri KPU RI," kata Soeprayitno saat dihubungi detikcom, Kamis (8/8/2019).


Soeprayitno menjelaskan, rapat teknis digelar karena para petugas KPPS, PPS dan PPK pada tiga TPS tersebut sudah purna tugas. Dalam rapat itu, KPU akan mengundang sejumlah stakeholder seperti kepolisian dan Bawaslu Surabaya.

"Karena masa tugas KPPS, PPS dan PPK sudah habis. kita juga undang Bawaslu dan kepolisan serta stakeholder lainnya," terang pria yang akrab disapa Nano itu.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU melakukan penghitungan suara ulang Pileg di Kota Surabaya. Putusan ini diberikan atas gugatan Partai Golkar.


Penghitungan suara ulang ini diperintahkan MK agar dilakukan di tiga TPS. Ketiga TPS itu adalah TPS 30 dan TPS 31 Putat Jaya serta TPS 50 Kelurahan Simomulyo Baru.

"Memerintahkan kepada KPU, KPU Surabaya, untuk melakukan penghitungan surat suara ulang pada TPS 30 dan TPS 31 Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, serta TPS 50 Kelurahan Simomulyo Baru, Kecamatan Sukomanunggal. Terhadap Partai Golkar untuk pemilihan calon anggota DPRD Kota Surabaya, Dapil Surabaya IV," ujar hakim ketua Anwar Usman saat membacakan amar putusan PHPU dalam sidang di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (7/8).



Tonton Video KPU Optimis Tak Ada Pemungutan Suara Ulang di Pileg 2019:

[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)