detikNews
Minggu 04 Agustus 2019, 14:01 WIB

Ibu-ibu Menyusui Massal Car Free Day Taman Blambangan Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
Ibu-ibu Menyusui Massal Car Free Day Taman Blambangan Banyuwangi Kampanye ASI di Banyuwangi/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Puluhan ibu-ibu menyusui serentak di RTH Taman Blambangan Banyuwangi. Mereka sengaja menyusui di ruang publik terbuka, sebagai kampanye menyusui tak harus berada di ruangan tertutup.

Ajang ini digelar dalam rangka peringatan Pekan ASI se-dunia 2019, di Car Free Day (CFD) RTH taman Blambangan Banyuwangi. Para ibu menyusui dengan cara menutup payudara dengan kain dan sang anak bisa bebas menikmati ASI didalam penutup tersebut.

"Kita kampanye terbuka untuk masyarakat Banyuwangi bahwa ASI sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Tidak harus diruang tertutup. Di ruang terbuka juga bisa. Asal dengan menggunakan penutup," ujar Dinda Ayu, Ketua panitia acara kepada detikcom, Minggu (4/8/2019).

Dalam acara tersebut, juga digelar konseling ASI gratis dan penandatanganan petisi kampanye menyusui. Para ibu-ibu dan pengunjung CFD juga menandatangani petisi tersebut sebagai dukungan para ibu untuk bisa menyusui dimanapun berada.


"Yang terpenting adalah dukungan dari masyarakat untuk ibu-ibu menyusui. Agar ada prioritas memberikan nutrisi penting bagi bayi melalui ASI," kata Dinda.

"Konseling juga dilakukan agar para ibu menyusui juga mendapatkan informasi yang tepat dalam memberikan ASI. Banyak mitos yang kadang menghantui para ibu menyusui padahal hal itu tidak terjadi," tambahnya.

Sementara Etrin, salah satu peserta kampanye menyusui mengaku terbantu dengan acara ini. Sebab dirinya mengaku ASI yang dimilikinya tak terlalu banyak. Sehingga dirinya membutuhkan informasi terkait bagaimana cara memperbanyak ASI untuk buah hatinya.

"Ya saya ASI-nya keluar sedikit. Makanya saya datang untuk mencari nutrisi apa yang harus saya tambah untuk memperbanyak ASI," ujarnya.

Acara ditutup dengan pembagian dooorprize dan sesi tanya jawab konseling. Tak hanya diikuti para ibu menyusui, beberapa masyarakat yang ikut dalam CFD di RTH Taman Blambangan Banyuwangi juga turut serta dalam ajang yang digelar perdana ini.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com