Cerita Mistis Makam di Madiun Tempat Mobil Nyelonong

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 01 Agu 2019 17:55 WIB
Lokasi makam tempat mobil nyelonong (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun - Sebuah mobil Daihatsu Xenia nyelonong masuk makam Dusun Sawahan, Desa/Kecamatan Dagangan, Madiun pada Senin (29/7). Warga meyakini kejadian itu berhubungan dengan mistis makam yang dipercaya merupakan petilasan Pangeran Diponegoro.

"Kalau di bilang angker sih ndak juga, setiap hari ramai orang lewat. Tapi aura mistis faktanya seperti ini," ujar salah satu perangkat desa, Suyuti, kepada detikcom di lokasi pemakaman, Kamis (1/8/2019).

Konon, kata Suyuti, makam itu merupakan petilasan pangeran Diponegoro danjuga terdapat dua makam keramat di dalamnya. Dua makam itu adalah makam Kiai Tanggul Angin dan Kiai Tamziz yang dipercaya sebagai tokoh penyebar agama Islam di zaman kerajaan Mataram.

"Dua makam yang dianggap keramat itu kita pagar dan kita beri cungkup (rumah joglo kecil). Karena sering juga orang datang untuk ziarah. Ada dari luar Madiun juga seperti Nganjuk, Surabaya, Jombang datang ke sini," tandasnya.


Hal mistis lain juga kerap dialami warga yang sering mendengar suara seperti kuda berlari di tengah malam. Suara derap kaki kuda itu disimpulkan warga sebagai Pangeran Diponegoro.

"Kadang warga mendengar suara langkah kaki kuda saat tengah malam, jadi seperti kuda berlari menyerupai film pangeran Diponegoro itu," ujar Kiai Isnaini, yang dipercaya masih ada darah keturunan ke enam dari Kiai Tamziz.

Mistis lain juga tampak saat warga membuat cungkup (rumah joglo kecil) untuk dua makam yakni kyai Tanggul Angin dan Kyai Tamziz. Kala itu warga melihat seekor ular dengan panjang satu setengah meter melilit di atas tiang kayu cungkup yang dibangun.

"Waktu itu ada ular panjang melingkar di atas kayu balok cungkup itu. Saat difoto ular itu tidak nampak. Waktu itu tahun 2007," ujar Setyoningsih istri dari kiai Isnaini.


Makam Dusun Sawangan ini menjadi viral lantaran ada mobil nyelonong masuk makam. Mobil bernopol B 1685 VKN itu dikemudikan PS yang merupakan anggota TNI.

Sebelumnya PS bersama calon istrinya melakukan foto pre wedding di Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem di Ngawi. Usai foto pre wedding, PS mengantar calon istrinya pulang di Maospati, Magetan.

Usai mengantar, PS pun pulang ke rumahnya yang juga di Maospati. Saat pulang itulah PS seperti mendapat bisikan dari seorang kakek yang mengatakan ia sudah pulang ke rumah. Tanpa sadar, PS duduk di nisan yang dikatakannya sebuah kursi.


Simak Juga 'Gempar Mobil Nyelonong Masuk Kuburan di Madiun':

[Gambas:Video 20detik]

Cerita Mistis Makam di Madiun Tempat Mobil Nyelonong
(iwd/iwd)