Makam Tempat Mobil Nyelonong Dipercaya Petilasan Pangeran Diponegoro

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 01 Agu 2019 15:57 WIB
Makam Dusun Sawahan yang dipercaya merupakan petilasan Pangeran DIponegoro (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun - Sebuah mobil Daihatsu Xenia nyelonong masuk makam Dusun Sawahan, Desa/Kecamatan Dagangan, Madiun, pada Senin (29/7) pagi. Pengemudi mobil linglung saat pertama kali ditemukan warga.

Ada cerita tersendiri tentang makam tersebut. Warga yakin dan percaya makam tersebut merupakan petilasan Pangeran Diponegoro.

"Lokasi ini ceritanya memang konon dipercaya petilasan Pangeran Diponegoro. Jadi ada unsur mistisnya, kami tidak heran," ujar salah satu perangkat desa, Suyuti, kepada detikcom di lokasi, Kamis (1/8/2019).

Di makam umum tersebut, kata Suyuti, terdapat dua makam tokoh ulama atau kiai yang dipercaya sebagai pendiri desa Dagangan. Tokoh tersebut yakni Kiai Tanggul Angin dan Kiai Tamziz sebagai penyebar agama Islam pada zaman kerajaan Mataram.


"Itu yang di pagar dan ada cungkup (rumahan joglo kecil) makam pendiri desa Dagangan sini. Sehingga diberi nama makam Tanggul Angin. Dua tokoh ini diyakini sebagai penyebar agama Islam zaman kerajaan Mataram dulu," kata Suyuti.

Terkait petilasan Pangeran Diponegoro ini juga diutarakan oleh Kiai Isnaini, yang dipercaya masih mempunyai darah keturunan keenam dari Kiai Tamziz. Kiai Isnaini mengaku pernah bermimpi ada seorang kiai berjubah hijau dan bersorban naik kuda di area pemakaman.

"Saya pernah bermimpi melihat seperti seorang kiai berjubah warna hijau naik kuda di sekitar makam. Seperti pangeran Diponegoro. Kadang warga mendengar suara langkah kaki kuda saat tengah malam, jadi sepertinya memang benar," ujar Kiai Isnaini.

Pantauan detikcom, makam itu terletak di pinggir sungai dengan kondisi tanah terasiring ditanami pohon jati.


Sebelumnya viral video berdurasi 1 menit 45 detik memperlihatkan mobil berwarna putih mundur dari areal makam yang telah dimasukinya. Mobil itu dikemudikan warga karena pemilik mobil disebut masih linglung.

Di sekitarnya berkumpul warga yang melihat. Tak ada kerusakan berarti pada bagian depan mobil meski disebut telah menabrak hingga patah sebuah nisan makam.


Gempar Mobil Nyelonong Masuk Kuburan di Madiun:

[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)