Belasan Gadis Belia Asal Bandung Diamankan dari Eks Lokalisasi di Situbondo

Belasan Gadis Belia Asal Bandung Diamankan dari Eks Lokalisasi di Situbondo

Ghazali Dasuqi - detikNews
Minggu, 28 Jul 2019 13:45 WIB
Jalan masuk menuju eks lokalisasi gunung sampan (Foto: Ghazali Dasuqi)
Situbondo - Sebanyak 12 gadis belia dan satu pria diamankan polisi. Mereka dijaring dari sejumlah wisma dari eks lokalisasi Gunung Sampan di Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo.

Ironisnya, sebagian wanita yang diamankan itu masih tergolong anak di bawah umur. Usia mereka berkisar antara 14-20 tahun.

"Ada 5 yang masih di bawah umur, selebihnya sudah terbilang dewasa. Ada satu pria yang juga kami amankan, dia berperan sebagai sopir," kata Kasat Reskrim Polres Situbondo AKP Masykur di kantornya, Minggu (28/7/2019).


Keterangan yang diperoleh detikcom menyebutkan, penggerebekan tempat mangkal para gadis belia di eks lokalisasi Gunung Sampan itu berawal dari laporan keluarga salah satu gadis asal Bandung ke KPAI. Isi laporannya menyebutkan jika salah satu keluarganya hilang. Dari pelacakan via ponsel, posisi korban diketahui berada di Situbondo.

Dari situlah, KPAI kemudian berkoordinasi dengan polisi untuk melacak keberadaan si gadis. Dari hasil penyelidikan, diketahui posisi korban berada di eks lokalisasi Gunung Sampan, Desa Kotakan, hingga dilakukan penggerebakan.

Hasilnya, bukan hanya mengamankan satu orang saja. Tetapi ada 12 gadis dan seorang pria muda berinisial RM (20) juga ikut diamankan. Seluruhnya berasal dari Bandung, Jawa Barat.


"Jadi lidiknya itu mulai hari Jumat (26/7). Baru kemarin sore dan tadi malam kami melakukan penggerebekan," papar Masykur.

Penggerebekan dilakukan dua kali, masing-masing Sabtu (27/7) sore dan malam hari. Penggerebekan pertama, polisi bersama Satpol PP mengamankan satu orang wanita. Dari wanita inilah, kemudian polisi melakukan pengembangan hingga malam harinya bergerak lagi dan mengamankan 11 wanita dan satu pria.


Tonton juga video Lokalisasi Sunan Kuning Ditutup!:

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)