detikNews
Kamis 25 Juli 2019, 21:27 WIB

17 Rusun akan Dibangun Tahun 2019 di Jatim, Termasuk untuk Ponpes

M Rofiq - detikNews
17 Rusun akan Dibangun Tahun 2019 di Jatim, Termasuk untuk Ponpes Foto: M Rofiq
Probolinggo - Kementrian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan merealisasikan percepatan pembangunan rumah susun, khususnya untuk kalangan pesantren.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengatakan progress pembangunan rumah susun di tahun 2018 sudah rampung sekitar 36 tower di Jawa Timur.

Sementara target tahun 2019, ada sekitar 17 tower yang akan dibangun di Jawa Timur. 20 persen di antaranya merupakan pembangunan rumah susun untuk kalangan pondok pesantren.

"Untuk anggaran digelontorkan ada sekitar Rp 204 miliar yang berasal dari dana APBN," ujar Khalawi saat meresmikan rumah susun santri Ponpes Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Kamis (25/7/2019).


Sebagai informasi, rumah susun STIKES Hafshawaty, Ponpes Zainul Hasan Genggong mempunyai luas 2.240 meter persegi. Memiliki sekitar 50 ruangan. Lantai pertama ada 2 ruangan untuk difabel dan 9 ruangan standar, lantai 2 ada 13 ruangan standar, lantai 3 ada 13 ruangan standar, dan lantai 4 ada 13 ruangan standar.

Dan kapasitas hunian secara keseluruhan, di tiap rumah susun atau tower yang dibangun Kementrian PUPR mampu menampung sekitar 196 orang.

Sementara Pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah mengatakan adanya bantuan pembangunan rumah susun bagi kalangan pesantren sangat bermanfaat bagi keberlangsungan pendidikan para santri.


Menurut KH Mutawakkil, dulunya santri kerap kekurangan tempat untuk istirahat dan belajar. Namun melalui adanya bantuan hibah rumah susun dari pemerintah, memberikan kualitas yang baik bagi perkembangan pendidikan santri di pesantren.

"Pastinya kita berikan apresiasi ke pemerintah yang memberikan kebijakan yang berpihak ke kalangan pesantren. Tentunya kebijakan ini, dimaksudkan juga untuk pembangunan dan pendidikan karakter bagi kalangan pemuda," jelasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com