detikNews
Selasa 23 Juli 2019, 15:57 WIB

500 Mahasiswa di Surabaya Berebut Beasiswa Pelatihan Soft Skill

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
500 Mahasiswa di Surabaya Berebut Beasiswa Pelatihan Soft Skill 500 mahasiswa saat tes tulis/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Lebih dari 500 mahasiswa dari 6 universitas di Surabaya berebut Djarum Beasiswa Plus 2019/2020. Beasiswa ini tak hanya berupa dana pendidikan namun juga pelatihan soft skill.

Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Carvey Dominique Sando mengatakan, soft skill penting dalam melatih kemampuan berkomunikasi dan kepemimpinan untuk berkembang di dunia kerja.

"Selain dana yang diberikan satu tahun, yang membuat beda yakni pelatihan soft skill untuk membekali mereka di dunia kerja nanti," kata Carvey di Jatim Expo Surabaya, Selasa (23/7/2019).

Carvey menambahkan, beasiswa di tahun ini juga berbeda. Pasalnya, tahun ini akan berfokus melatih mahasiswa berpikir kritis dalam menghadapi segala tantangan yang ada.


Tak hanya itu, Carvey menilai mahasiswa harus memiliki soft skill dalam menangkal segala hoaks dan memfilter informasi dengan baik.

"Kalau tahun ini fokusnya berpikir kritis. Kami ingin mahasiswa bisa mengambil informasi dan menangkal isu hoaks. Kami ingin mahasiswa ndak mengambil informasi langsung tanpa mengolahnya," terang Carvey.

"Kami ingin mahasiswa mengerti bagaimana memecahkan masalah dalam kelompok. Kami juga menggali bagaimana mahasiswa berpikir kritis. Dan di organisasi mereka akan dilatih soft skill," imbuhnya.

Carvey juga mengatakan, tahapan untuk seleksi Beswan Djarum juga masih akan berlanjut. Usai tes tulis, pihaknya akan meloloskan seperempat dari total sekitar 500 peserta untuk tahap wawancara.

"Di wawancara kami akan menggali bagaimana tanggapan mahasiswa tentang isu politik dan isu-isu terkini lainnya," lanjut Carvey.


Saat ditanya berapa mahasiswa yang akan lolos, Carvey mengatakan pihaknya tak memiliki kuota pasti. Yang jelas, jika mahasiswa tersebut memenuhi syarat, pasti akan lolos.

"Ini nanti tergantung kalau memenuhi persyaratan ya kita wawancara lagi dan bisa masuk. Sekarang ada 500 lebih mahasiswa. Kuotanya kita bebaskan asal memenuhi persyaratan, misalnya dari universitas yang bekerja sama dengan kita, IPK minimal 3.0 dan aktif berorganisasi akan kita ambil," lanjut Carvey.

Sementara jika sudah lolos nanti, pada Beswan Djarum akan diajarkan beberapa latihan untuk mengasah soft skill. Mulai dari character building, leadership building, community empowering, hingga nation building untuk melatih jiwa nasionalisme mahasiswa.

Selain itu, dalam program ini, mahasiswa juga bisa menunjukkan kemampuannya menulis dalam writing competition dan kemampuan berkomunikasinya di vlog competition.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com