detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 15:09 WIB

Aset YKP Resmi Diserahkan ke Pemkot Surabaya

Amir Baihaqi - detikNews
Aset YKP Resmi Diserahkan ke Pemkot Surabaya Wali Kota Risma saat menerima aset YKP/Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur secara resmi menyerahkan seluruh aset Yayasan Kas Pembangunan (YKP) kepada Pemkot Surabaya. Wali Kota Tri Rismaharini menerima langsung prosesi penyerahan itu.

Dalam sambutannya, Risma awalnya mengaku tidak percaya aset YKP bisa kembali ke pemkot. Sebab, selama ini dirinya telah memperjuangkan tapi selalu menemui jalan buntu. Untuk itu, ia mengucapkan syukur dan terima kasihnya kepada pihak Kejati Jatim.

"Terus terang saya tidak percaya karena sekian tahun saya berjuang untuk YKP ini. Tapi saya tidak pernah berhasil. Kemana-mana saya membawa berkas itu sendiri tapi hari ini luar biasa. Matur nuwun pak Kajati Jatim," kata Risma di Aula lantai 8, Gedung Kejati Jatim, Kamis (18/7/2019).

Meski demikian, Risma mengaku belum memastikan secara langsung berapa nilai aset YKP sesungguhnya. Sebab saat ini pihaknya masih melakukan penghitungan total keseluruhannya.


"Luas seluruhnya aset YKP masih dihitung. Kalau yang aset-aset yang lain ini nanti datanya saya serahkan. Tapi jangan lihat rupiahnya. Di Surabaya tidak ada tanah Rp 1 juta. Ini ditulis NJOP tanah Rp 1 juta. Tapi lihat tanahnya dan letak tanahnya," terang wali kota dua periode itu.

"Ini nilai yang sangat luar biasa untuk warga Surabaya. Kalau boleh saya sampaikan kalau saya katakan Rp 5 triliun itu lebih, 10 T juga mungkin lebih. Karena sangat besar sekali," Risma menambahkan.

Risma melanjutkan, jika seandainya nilai aset YKP seandainya sekitar Rp 10 triliun saja. Maka itu sama dengan sepertiga dari aset kekayaan Pemkot Surabaya.

"Jadi aset itu akan naik dengan pesat sekali. Karena kekayaan kami kalau NJOP kalau aset kekayaan kami 30 triliun. Ini kalau nilainya 10 triliun saja itu menjadi sepertiga dari aset kami," tandas Risma.


Sebelumnya, kasus penyelewengan aset pemkot dan mega korupsi oleh Yayasan Kas Pembangunan (YKP) akhirnya memasuki babak akhir. Pengurus YKP akhirnya menyerah dan mengembalikan seluruh aset YKP dan PT YEKAPE ke Pemkot Surabaya.

Sebelum diperiksa tim penyidik Kejati Jatim, Ketua Dewan Pembina YKP Sartono menyatakan segera mengundurkan diri dari pengurus dan menyerahkan seluruh aset YKP dan PT YEKAPE yang bernilai triliunan rupiah kepada Pemkot.

"Kami sepakat dan akan segera mengundurkan diri dari pembina Yayasan. Dan sekaligus menyerahkan seluruh aset YKP dan PT YEKAPE kepada Pemkot melalui Kejati Jatim," kata Sartono di Kejaksaan Tinggi Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis (27/6).



Tonton juga video Siap-Siap! Warung di Surabaya Akan Kena Pajak:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com