Kesaksian Korban Gempa Bali di Banyuwangi Melihat Tembok Rumahnya Ambrol

Kesaksian Korban Gempa Bali di Banyuwangi Melihat Tembok Rumahnya Ambrol

Ardian Fanani - detikNews
Selasa, 16 Jul 2019 15:26 WIB
Warga sedang membersihkan puing bangunan yang ambrol/Foto: Ardian Fanani
Warga sedang membersihkan puing bangunan yang ambrol/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Saat gempa Nusa Dua, Bali terasa di Banyuwangi, kepanikan melanda keluarga Suyanto. Warga Dusun Persen, Desa Kedungasri Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi itu melihat tembok rumahnya ambrol.

Menurut Suyanto, gempa terasa sekitar 30 detik. Guncangan membuat dirinya dan keluarga panik. Mereka langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

"Gempanya pertama pelan kemudian keras dan rumah goyang. Seisi rumah jatuh dan tembok belakang ambrol," ujarnya kepada detikcom, Selasa (16/7/2019).


Bagian belakang rumah Suyanto semi permanen. Batu bata hanya dicampur dengan semen tanpa diplester. Sehingga kekuatan bangunan tidak maksimal. Tembok tersebut ambrol dan menimpa peralatan dapur.

"Memang belum jadi ini. Makanya hanya sebagian yang saya bangun," imbuhnya.

Ia hanya bisa pasrah dan meratapi musibah yang menimpanya. Warga dan tetangga Suyanto kemudian berdatangan untuk membantu membersihkan puing-puing bangunan yang ambrol.


"Ya kita bantu. Tadi sempat ada banyak orang yang teriak kena gempa. Setelah kita cek ternyata memang ada rumah yang ambrol. Beberapa rumah warga lain juga sama ada yang rusak. Tapi yang parah di rumah Pak Suyanto ini," ujar salah satu tetangga, Suprat.

Di Banyuwangi, Suyanto bukan satu-satunya korban gempa Bali. BPBD Banyuwangi mencatat adanya kerusakan bangunan di beberapa kecamatan di Banyuwangi. Yakni di Kecamatan Pesanggaran, Tegaldlimo, Purwoharjo, Gambiran, Srono, Cluring dan Blimbingsari.

"Hingga saat ini data yang kita himpun ada 9 rumah, fasilitas umum dan tempat ibadah yang rusak," ujar Eka Muharram, Kepala Bidang Kedaruratan pada BPBD Banyuwangi kepada detikcom.

Gempa terjadi sekitar pukul 07.18 WIB. Pusat gempa berada di 9,11 Lintang Selatan dan 114,54 Bujur Timur. Atau sekitar 83 km arah barat daya Nusa Dua di kedalaman 68 km.

Berikut 9 bangunan rusak berdasarkan laporan sementara petugas pembantu penanggulangan bencana kecamatan:

1. Masjid di Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari. Genting turun.

2. Rumah Suherman di Dusun Purworejo, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo. Genteng turun/bergeser ke bawah.

3. Pos Linmas Desa Pesanggaran, Kecamatan Pesanggaran. Genting turun.

4. Masjid Nurul Iman, Dusun Rajegwesi, Desa Sarongan. Atap teras masjid roboh.

5. Kantor Balai Penyuluhan KB Kecamatan Gambiran. Dinding retak.

6. Rumah Painem di Dusun Krajan Baru RT 05 RW 05 Wonosobo, Kecamatan Srono. Sebagian atap rumah menimpa Painem. Korban dirawat di Puskesmas Wonosobo.


Doa Netizen Mengalir Pasca Gempa Bali Pagi Tadi:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Kerusakan di Banyuwangi Akibat Gempa M 6 di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/fat)