detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 10:57 WIB

KPK Geledah Lima Lokasi di Jatim, Ada Apa Ya?

Hilda Meilisa Rinanda - detikNews
KPK Geledah Lima Lokasi di Jatim, Ada Apa Ya? Rumah salah satu komisaris Bank Jatim Budi Setiawan/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Dalam dua hari terakhir, KPK menggeledah lima tempat di Jatim. KPK juga mengamankan sejumlah dokumen dan handphone. Ada apa ya kira-kira?

"Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari proses penyidikan perkara suap terhadap SPR (Supriyono, tidak dibacakan), Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung terkait pembahasan, pengesahan, dan pelaksanaan APBD dan atau APBD Perubahan Kabupaten Tulungagung Tahun Anggaran 2015-2018," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah melalui pesan teks yang diterima di Surabaya, Jumat (12/7/2019).

Febri menambahkan, penggeledahan juga terkait dengan APBD Tulungagung. Menurutnya APBD tersebut dari Bantuan Keuangan APBD Jatim.


"Penggeledahan dilakukan terkait dengan sumber dana APBD Tulungagung dari Bantuan Keuangan APBD Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilakukan tim KPK sejak pukul 10.00 WIB pagi hingga malam," imbuh Febri.

Sebelumnya, KPK menggeledah rumah salah satu komisaris Bank Jatim Budi Setiawan. Budi dulunya sempat menjabat sebagai Kepala Bappeda Jatim hingga Kepala BPKAD.


Pada Rabu (10/7), KPK juga menggeledah Kantor Bappeda Jatim dan menyita sejumlah dokumen. Selain Budi, KPK juga mendatangi tiga pejabat Bappeda lainnya. Pejabat tersebut ada yang sudah pensiun dan ada yang masih menjabat.

Namun belum diketahui siapa saja pejabat tersebut. Sementara hingga kini, KPK tercatat telah melakukan safari di lima tempat di Jatim.

Simak Video "Status Hukum Akun Penghina Jokowi Ditentukan 1x24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed