detikNews
Senin 08 Juli 2019, 22:05 WIB

Ketua Baru DPC PDIP Kota Pasuruan Tanggapi soal Penyegelan Kantor

Muhajir Arifin - detikNews
Ketua Baru DPC PDIP Kota Pasuruan Tanggapi soal Penyegelan Kantor Ketua DPC PDIP Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo (Foto: Muhajir Arifin)
Pasuruan - Ketua DPC PDIP Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo angkat bicara mengenai penyegelan kantor. Penyegelan kantor itu merupakan bentuk kekecewaan sejumlah kader atas ditunjuknya Teno sebagai ketua DPC yang baru.

"Saya sendiri juga kaget menerima mandat ini. Tapi saya sebagai kader juga harus siap untuk tunduk-patuh tegak lurus pada Megawati Soekarnoputri untuk melaksanakan perintah beliau. Saya tak pernah melobi ke DPP untuk jabatan ini. Saya tahu ditunjuk baru tadi malam (di konfercab)," kata Teno, yang juga wakil wali kota, kepada wartawan di kantor Pemkot Pasuruan, Senin (8/7/2019).

Teno menyampaikan pengurus baru akan melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pengurus demisioner untuk meredakan suhu internal DPC. Ia yakin, dengan musyawarah, akan ada jalan keluar.


"Saya pastikan saat ini DPC tetap solid. Kader solid mendukung perintah Ibu Ketum," imbuhnya.

Terkait aturan penunjukan KSB yang dipersoalkan, Teno menyatakan bahwa di pasal 44 peraturan partai (PP) nomor 28 tahun 2019, pada ayat 1 disebutkan DPP partai dapat menentukan KSB DPC partai dan/atau DPD partai di luar nama-nama yang diusulkan atas dasar pertimbangan kepentingan strategis partai.

"Jadi kami selaku petugas partai, kami tunduk dan patuh pada apa yang menjadi keputusan DPP. Terkait masa keanggotaan 7 tahun sebagai syarat menjadi KSB, kami ini petugas partai, keputusan semua ada di tangan pimpinan, dalam hal ini adalah Ibu Ketua Umum," paparnya.

Penunjukan Teno sebagai Ketua DPC PDIP Kota Pasuruan menuai reaksi. Sejumlah kader melakukan penyegelan kantor DPC sebagai wujud kekecewaan atas keputusan itu.


Penyegelan dilakukan Minggu (7/7) malam, selang beberapa jam setelah hasil Konferensi Cabang (Konfercab) DPC PDIP yang dihelat di Hotel Empire Palace Surabaya.

Dalam konfercab itu, DPP menunjuk Raharto Teno Prasetyo sebagai Ketua DPC PDIP Kota Pasuruan menggantikan Pranoto. Kemudian Teddy Armanto sebagai Sekretaris DPC menggantikan Luluk Mauludiyah.

Penyegelan kantor di Jalan KH Mansyur, Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo, dilakukan dengan menutup pintu dan jendela menggunakan bilah yang dipasang menyilang lalu dipaku. Kertas bertulisan 'Kantor ini bukan milik PDIP' juga terpasang di pintu.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com