Pilkada Serentak 2020, KPU Kabupaten Blitar Usulkan Anggaran Rp 53 Miliar

Erliana Riady - detikNews
Senin, 08 Jul 2019 10:33 WIB
Foto: Erliana Riady
Blitar - KPU Kabupaten Blitar telah mengirim draf usulan anggaran untuk Pilkada serentak 2020. Anggaran yang diusulkan sebesar Rp 53 miliar. Jumlah ini naik dibandingkan Pilkada sebelumnya yang hanya menghabiskan anggaran sebanyak 35 miliar.

Sejak Maret 2019, KPU daerah sudah mendapatkan instruksi dari KPU RI untuk koordinasi dengan pemerintah daerah. Komisioner KPU Kabupaten Blitar sebelumnya, sudah dua kali presentasi usulan anggaran dengan DPRD Kabupaten Blitar.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Blitar yang baru dilantik, Hadi Santoso mengaku sudah dua kali koordinasi dengan Bappeda Kabupaten Blitar.


"Anggaran kami usulkan Rp 53 miliar. Kami usulkan anggaran lebih tinggi untuk Pilkada serentak 2020. Kenaikan ini karena kebutuhan logistik terutama bilik dan kotak suara. Dan masa tahapan yang lebih panjang," kata Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santoso kepada detikcom saat dikonfirmasi, Senin (8/7/2019).

Tahapan pemilu serentak pada tahun sebelumnya hanya 9 bulan. Namun pada pelaksanaan Pilkada serentak 2020 ini mulai launching tahapan pada September 2019. Sedangkan pelaksanaan Pilkada serentak pada September 2020.

Selain itu, KPU daerah juga diimbau mengusulkan anggaran dengan estimasi pasangan calon (paslon) maksimal. Sesuai aturan, paslon maksimal sebanyak lima paslon.


Angka ini, menurut Hadi bisa naik turun. Karena pihak BPKAD masih melakukan kajian terkait dengan kebutuhan. Sesuai jadwal, KPU Kabupaten Blitar bisa menerima Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pada Oktober 2019.

"Semoga saja Oktober nanti kami sudah bisa menerima NPHD. Kalau pencairan ya nunggu KPPN. Kemungkinan Januari 2020 bisa kami terima," pungkasnya.

Simak Video "Menikmati Suasana Romantis di Wisata Air Kalimas Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)