Tiba di Asrama, Calon Jemaah Haji Asal Pacitan Dicek Hepatitis A

Hilda Meilisa - detikNews
Sabtu, 06 Jul 2019 16:11 WIB
Calon jemaah haji diperiksa kesehatannya (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Sebanyak 197 Calon Jemaah Haji (CJH) Kloter 4 asal Pacitan tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) Sukolilo. Sampai di AHES, kesemuanya langsung dites untuk mengantisipasi penularan virus Hepatitis A.

"Kami mengantisipasi resiko penularan terjadinya penyakit hepatitis A dari CJH Pacitan. CJH Pacitan kita lakukan screening di laboratorium dan dilanjutkan pemeriksaan kesehatan klinis apakah CJH mengidap penyakit atau tidak," kata Kepala Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Surabaya dr Muhammad Budi Hidayat saat ditemui di AHES Jalan Sukolilo Surabaya, Sabtu (6/7/2019).

Dokter Budi mengatakan tes ini dilakukan khusus untuk CJH dari Pacitan. Melihat kasus Hepatitis A di Pacitan cukup besar hingga ditetapkan KLB.


"Kalau yang CJH biasa tidak dilakukan lab, kalau sekarang lab untuk mengetahui resiko penularan pada CJH. Jumlah CJH Pacitan 197. Sementara belum ada, secara umum dalam kondisi sehat," imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Budi berpesan kepada seluruh CJH untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Menurutnya, salah satu pencegahan hepatitis paling efektif yakni dengan menjaga kebersihan.

"Kita kasih penyuluhan, kita imbau untuk selalu menerapkan PHBS, perilaku hidup bersih dan sehat," pungkasnya.


Sementara salah satu jemaah asal Pacitan, Sugeng Budiarto mengapresiasi upaya ini. Menurutnya, hal ini bisa mengecek dan mencegah penularan hepatitis A ke jemaah lain.

"Ya memang harus demikian, ini positif untuk mengecek sekali lagi jangan sampai kita ini mengidap virus Hepatitis, jangan sampai tertular ke yang lain," ucap Sugeng.

Simak Video "Pemberangkatan Haji Ditunda, Calon Jemaah Ini Hanya Pasrah dan Ikhlas"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/iwd)