detikNews
Kamis 04 Juli 2019, 16:47 WIB

TNI-Polri di Jombang Bersatu Tangkal Upaya Adu Domba

Enggran Eko Budianto - detikNews
TNI-Polri di Jombang Bersatu Tangkal Upaya Adu Domba Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - TNI dan Polri di Jombang memanfaatkan momen HUT Bhayangkara dan Idul Fitri untuk memperkuat soliditas. Semakin kuatnya kekompakan diharapkan mampu menangkal berbagai upaya adu domba TNI-Polri yang cukup masif melalui berita bohong (Hoax).

Upaya memperkuat soliditas TNI-Polri di Jombang salah satunya melalui acara silaturahmi dan halal-bihalal antara keluarga besar Kodim 0814 Jombang dengan Satuan Radar 222 dan Polres Jombang. Acara yang digelar di Aula Markas Kodim 0814 ini dihadiri Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto, Dandim 0814 Letkol Arm Beni Sutrisno dan Dansat Radar 222 Jombang Mayor Lek Eprit Repita.

Ratusan anggota TNI dan polisi itu berjabat tangan untuk saling memaafkan. Acara kebersamaan semakin seru saat Kapolres, Dandim, serta Dansat Radar bernyanyi bersama. Pada saat bersamaan, ratusan anggota berjoget penuh suka cita.

"Rangkaian HUT Bhayangkara ke 73 juga masih bulan syawal sekaligus kami halal-bihalal. Karena dua kekuatan besar ini harus menyatu sehingga mampu menyelesaikan permasalahan di dalam negeri. Keamanan dalam negeri menjadi domain bersama kepolisian, Pemda dan rekan-rekan TNI. Sehingga mampu menghadapi berbagai ancaman," kata Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto usai halal-bihalal, Jumat (21/6/2019).

Fadli menjelaskan, ancaman keamanan tersebut salah satunya terkait Pilpres 2019. Pihaknya mengapresiasi upaya yang ditempuh kubu yang tak terima dengan keputusan KPU dengan melayangkan gugatan ke Mahkamah Kosntitusi. Sayangnya ada pihak-pihak yang berupaya memaksakan kehendak dengan memicu kerusuhan. Seperti yang terjadi 21-22 Mei lalu.


"Ancaman berikutnya saat ini berbagai macam berita hoax seolah-olah ingin mengadu domba kami TNI dan Polri. Kelompok radikal yang ingin mengganti dasar negara kita berusaha memecah belah TNI dan Polri. Karena mereka paham TNI dan Polri menjadi penjaga dasar negara kita," terangnya.

Fadli berharap, melalui halal-bihalal ini semua anggota TNI dan Polri semakin akrab. Kedua aparat keamanan ini semakin solid dalam melayani masyarakat. Dengan begitu keamanan selalu terjaga. Masyarakat juga ikut bersatu dan hidup rukun.

Terkait dengan Pilpres 2019, Fadli mengajak semua elemen masyarakat kembali bersatu. Semua pihak diharapkan mengutamakan jalur-jalur yang konstitusional jika tidak puas dengan keputusan KPU.

"Karena masih banyak PR ke depan, ancaman-ancaman dari luar. Kita tahu Indonesia memiliki SDM luar biasa banyak, anak mudanya produktif, sumber daya alam yang luar basa besar. Jika kedua hal itu ditambah kondisi yang kondusif dan aman, saya sebagai anak bangsa yakin ke depan Indonesia akan menjadi kekuatan nomor empat di dunia," tandasnya.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com