Dinkes Jatim Sebut Wabah Hepatitis A di Trenggalek Masih Terkendali

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 03 Jul 2019 11:03 WIB
Rumah sakit tempat pasien hepatitis A dirawat (Foto: Adhar Muttaqin)
Trenggalek - Penyebaran virus Hepatitis A di Trenggalek masih dianggap wajar. Hal itu diungkapkan Dinas Kesehatan Jatim.

Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dan Trenggalek melakukan penelitian langsung ke titik-titik penyebaran Hepatitis A di kabupaten tersebut. Hasilnya, penyebaran virus tersebut dinilai masih dalam kategori wajar.

Kepala Dinas Kesehatan Jatim Kohar Hari Santoso mengatakan, sejak beberapa hari yang lalu timnya telah melakukan peninjauan langsung. Yakni ke rumah-rumah pasien Hepatitis A di Desa Terbis, Kertosono serta Desa Wonocoyo.


"Tim kami mengindentifikasi duduk persoalan seperti apa dan sumber penyebaran dari mana. Kalau melihat datanya, secara epidemiologis adalah satu kesatuan, meskipun terotorialnya beda. Artinya epidemiologi adalah secara geografis berdekatan, waktunya bersamaan dan masyarakat saling berinteraksi," kata Kohar saat dihubungi detikcom, Rabu (3/7/2019).

Ia mengaku sempat melakukan audiensi di Puskesmas Panggul dengan tim peneliti dinas kesehatan. Meskipun merupakan satu kesatuan, kata dia, bukan berarti munculnya serangan Hepatitis A di Trenggalek akibat penularan dari kasus yang terjadi di Pacitan.

"Karena kalau melihat waktunya juga berbarengan, kemudian puncaknya juga sama. Memang kejadiannya jauh lebih tinggi Pacitan, Sedangkan Trenggalek relatif masih under control," imbuhnya.


Kohar mengaku, dinas kesehatan telah mengambil langkah strategis agar kasus Hepatitis A di Trenggalek maupun Pacitan tidak semakin parah. Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan perilaku hidup sehat, sehingga dapat mengurangi risiko tertular virus Hepatitis.

Sebelumnya, dari data di RSUD Trenggalek selama Januari hingga Mei, terdapat 303 penderita Hepatitis dengan empat pasien meninggal dunia. Sedangkan data dari Dinas Kesehatan Trenggalek berdasarkan jumlah pasien di Puskesmas, terdapat 110 orang yang sempat menjalani perawatan akibat Hepatitis.

Simak Video "Pemobil Diamankan karena Terobos Penyekatan di Exit Tol Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/bdh)