Sepekan Disemprot, Serbuan Ulat Bulu di Permukiman Warga Dikendalikan

Sepekan Disemprot, Serbuan Ulat Bulu di Permukiman Warga Dikendalikan

Muhajir Arifin - detikNews
Selasa, 02 Jul 2019 10:10 WIB
Penyemprotan besar-besaran ulat bulu/Foto: Muhajir Arifin
Penyemprotan besar-besaran ulat bulu/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Setelah dilakukan penyemprotan selama sepekan, puluhan ribu ulat bulu yang menyerbu pemukiman warga di Pasuruan akhirnya punah. Warga bisa kembali beraktivitas dengan nyaman.

"Ulat bulu di Purwodadi sudah hilang. Kami memang lakukan penyemprotan besar-besaran," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan M Ichwan, Selasa (2/7/2019).

Penyemprotan besar-besaran dilakukan sejak Minggu tanggal 23 Juni. Melibatkan berbagai unsur antara lain petugas di bidang perkebunan, pengendali hama, mantri, hingga perangkat desa.


"Warga juga kami libatkan. Kami siapkan 25 liter obat," imbuh Ichwan.

Di Dusun Semambung, Desa Capang, Kecamatan Purwodadi, lokasi paling banyak terdapat ulat bulu, sudah bersih dari hama tersebut. Hanya terdapat beberapa ulat bulu tersisa di beberapa tempat.

"Sudah tuntas, tinggal sisa-sisa yang masih ada. Alhamdulillah atas sigapnya dinas terkait ulat bulu bisa diantisipasi dengan baik. Warga sudah tenang dan terbantu," kata Kasun Semambung, M Basir.


Ulat bulu menyerbu pemukiman warga di Dusun Semambung, Desa Capang, Kecamatan Purwodadi, sejak Idul Fitri 2019. Ulat menempel di pohon, ulat juga berada di pagar, tembok, genting bahkan masuk ke rumah. Ulat juga menyerbu sekolah dan tempat ibadah.

Selain di Desa Capang, ulat bulu juga ada di Desa Gajahrejo dan Palangsari, bahkan di Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari. Namun di ketiga desa terakhir jumlahnya tak signifikan.

Simak Video "Kemunculan Sumber Gas Gegerkan Warga Glagah Lamongan"
[Gambas:Video 20detik]
(fat/fat)