detikNews
Senin 01 Juli 2019, 19:19 WIB

Kejutan Hari Bhayangkara, Anggota TNI Kirab Tumpeng ke Polres Jombang

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kejutan Hari Bhayangkara, Anggota TNI Kirab Tumpeng ke Polres Jombang Anggota TNI menucapkan selamat kepada polisi yang berulang tahun (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang - Polisi di Kota Santri mendapatkan kejutan dari TNI di hari Bhayangkara ke 73. Ratusan anggota Kodim 0814 menggelar kirab tumpeng dan kue ulang tahun berbentuk unik ke Mapolres Jombang.

Kirab ini diawali dari Markas Kodim 0814 Jombang di Jalan KH Wahid Hasyim. Ratusan anggota TNI mengusung sebuah tumpeng dan kue ulang tahun dengan berjalan kaki. Pasukan TNI yang dipimpin langsung Dandim 0814 juga membentang spanduk ucapan selamat Hari Bhayangkara.

Kue dengan tulisan selamat hari Bhayangkara ke 73 ini berbentuk unik. Yaitu perpaduan antara seragam TNI dengan Polri. Pada bagian tengahnya terdapat dua tangan yang saling berjabat tangan.

Kirab yang dipimpin Dandim 0814 Jombang Letkol Arm Beni Sutrisno ini juga disertai banner besar dengan tulisan selamat hari Bhayangkara ke 73. Arak-arakan tumpeng dari TNI semakin semarak dengan iringan musik patrol dan penari anak-anak dari Kecamatan Mojowarno.

Sampai di Mapolres Jalan KH Wahid Hasyim, rombongan kirab disambut Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto beserta anggotanya. Suasana haru bercampur suka cita mewarnai penyerahan kejutan yang baru pertama kalinya digagas Dandim 0814 Jombang ini.

"Selamat ulang tahun Kepolisian Republik Indonesia. Semoga dengan semboyan Promoter, Polri semakin dicintai rakyat," kata Dandim 0814 Jombang Letkol Arm Beni Sutrisno di hadapan ratusan anggota polisi dan TNI di Mapolres Jombang, Senin (1/7/2019).


Foto: Enggran Eko Budianto


Fadli mengaku terharu mendapatkan kejutan dari TNI. Menurut dia, kue ulang tahun dan tumpeng dari Kodim 0814 ini menjadi wujud kesolidan TNI dengan Polri di Kota Santri.

"Saya haru, saya bangga. dua kekuatan besar negara ini kompak dan solid maka pihak pihak yang akan mengganti ideologi Pancasila dengan memecah belah TNI-POLRI, akan terkubur impiannya. Saya yakin masa depan Indonesia akan lebih baik dan maju," terangnya.

Fadli berharap, sinergi yang telah dibangun kuat antara TNI dan Polri tetap terjaga. Oleh sebab itu, dia berharap seluruh anggota untuk mengutamakan koordinasi, dan komunikasi serta sinergi saat terjadi persoalan di lapangan.

"Apa saja di lapangan komunikasikan, koordinasikan, dan sinergikan" tegasnya.

Tak hanya memberikan kejutan, Dandim 0814 Jombang Letkol Arm Beni Sutrisno memotong tumpeng untuk Fadli. Sebagai wujud sinergitas TNI-Polri, dia juga menyuapi anggota polisi dengan nasi tumpeng tersebut. Hal sebaliknya dilakukan Fadli kepada anggota TNI.

Simak Video "Barang Impor Ilegal Miliaran Rupiah di Surabaya Dimusnahkan"
[Gambas:Video 20detik]

(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com