detikNews
Jumat 28 Juni 2019, 19:13 WIB

Harga Ayam di Peternak Anjlok, Mentan Duga Ada Broker yang Bermain

Hilda Meilisa - detikNews
Harga Ayam di Peternak Anjlok, Mentan Duga Ada Broker yang Bermain Mentan Amran Sulaiman (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Harga ayam di sektor peternak anjlok hingga Rp 8 ribu per kilogramnya. Menteri Pertanian Amran Sulaiman menduga ada pihak broker yang main-main dalam hal ini.

"Menurut laporan sementara bahwa ada broker dengan kata lain ada yang bermain-main," kata Amran ditemui usai menghadiri akad nikah putri Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Jumat (28/6/2019).


Amran mengakui jika ada disparitas harga sebanyak 400%. Dia menyebut dari harga di peternak yang hanya Rp 8 ribu, pedagang bisa menjual ayam Rp 32 hingga Rp 40 ribu.


"Ini memang ada persoalan disparitas harga. Harga di tingkat peternak Rp 8 ribu, kemudian harga di konsumen Rp 32 ribu, Rp 35 ribu, hingga Rp 40 ribu. Kemudian apa, artinya ada disparitas 400 persen ini yang harus kita selesaikan," imbuhnya.


Untuk menyelesaikan hal ini, Amran mengaku pihaknya telah menurunkan tim satgas pangan hingga seluruh tim dari kementerian. Para tim ini untuk menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi dalam anjloknya harga ayam.

"Kami sudah turunkan satgas pangan dan tim kementerian di seluruh sentra produksi. Jatim, Jateng, Jabar, Lampung, kami ingin melihat nanti muasal apa yang terjadi," pungkasnya.



Simak Juga "Ribuan Peternak Ayam akan Temui Jokowi, Tuntut Mentan Dicopot"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Mentan Copot Distributor Pupuk Nakal Saat Panen Raya"
[Gambas:Video 20detik]

(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com