detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 14:27 WIB

Di Kawasan Gunung Bromo, Embun Upas Mulai Rusak Kebun Sayur Warga

M Rofiq - detikNews
Di Kawasan Gunung Bromo, Embun Upas Mulai Rusak Kebun Sayur Warga Kebun bawang daun yang terdampak embun upas di Bromo/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Fenomena Embun Upas atau frost terus terjadi di Kawasan Wisata Gunung Bromo. Kehadiran embun beku yang kerap terjadi pagi hari itu mulai merusak pertanian warga.

Seperti yang terjadi di perkebunan bawang daun dan kentang yang ada di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Sejumlah tanaman layu kemudian mati sebelum sempat dipanen.

Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo mulai melakukan pemantauan secara langsung ke lahan pertanian warga yang terdampak embun upas atau embun beku. Petugas Pertanian Abdurrahman mengatakan, paparan embun upas menyerang daun dan bunga tanaman.


"Sementara akibat paparan Upas, kerusakan masih belum terlalu fatal. Namun jika terjadi terus menerus, tanpa penanganan akan banyak tanaman lahan pertanian yang rusak," kata Abdurrahman, Kamis (27/6/2019).

Terpisah, Camat Sukapura Kabupaten Probolinggo Bambang Heri Wahyudi mengimbau para petani agar segera melapor jika ada tanaman yang rusak akibat embun upas. Menurutnya, itu harus dilakukan tanaman yang terdampak lekas mendapat penanganan dari pihak terkait.


"Saya imbau para petani responsif bila terjadi paparan Upas. Tujuannya agar pertanian warga tak rusak dan segera ditangani," pungkasnya.

Sampai saat ini, suhu di sekitar Gunung Bromo berada di kisaran angka 4 derajat celcius. Kemudian suhu lebih rendah terjadi setiap dini hari hingga pagi.

Rendahnya suhu di pagi hari membuat embun yang membasahi dedaunan dan pasir membeku. Warga setempat menyebut embun beku yang mengkristal itu upas. Embun baru mencair ketika matahari mulai terik menyinari.



Lihat juga video Ada Salju di Gunung Bromo:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Duh, Kebun Petani di Kawasan Bromo Rusak Gegara Embun Upas"
[Gambas:Video 20detik]

(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com