detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 15:17 WIB

Cerita Bocah SD Rawat Ayah Lumpuh Terdengar ke Telinga Bupati Lamongan

Eko Sudjarwo - detikNews
Cerita Bocah SD Rawat Ayah Lumpuh Terdengar ke Telinga Bupati Lamongan Saat Nisda menunjukkan foto sang ibu yang meninggal setahun lalu/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Penderitaan Tarmuji dan anak semata wayangnya sudah sampai ke telinga Bupati Lamongan, Fadeli. Pemkab Lamongan akan segera turun tangan membantu penyembuhan Tarmuji yang lumpuh dan pendidikan sang anak.

Fadeli langsung meminta semua OPD terkait segera melakukan tindakan nyata. Ia memerintahkan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan lainnya segera turun membantu keluarga Tarmuji agar segera mendapatkan solusi.

"Prinsipnya jangan sampai ada masyarakat Lamongan yang hidup melarat," kata Fadeli kepada wartawan saat dikonfirmasi, Jumat (14/6/2019).


Fadeli juga memerintahkan Dinas Kesehatan untuk menangani kondisi kesehatan Tarmuji. Dengan memeriksa kesehatan secara menyeluruh, maka akan diketahui penyakit apa saja yang diderita Tarmuji.

"Kalau sementara kemarin baru tingkat puskesmas yang menangani, maka sekarang Dinas Kesehatan Kabupaten harus turun menanganinya. Kalau mengharuskan dirawat, ya harus dibawa ke rumah sakit untuk segera mendapatkan pengobatan," imbuhnya.


Fadeli juga meminta Dinas Sosial melakukan pengecekan dan mendata sekaligus mengambil tindakan yang diperlukan. Bagaimana dengan keberlangsungan pendidikan anaknya? Fadeli memastikan harus tetap melanjutkan pendidikan dengan bantuan dari Dinas Pendidikan.

Tarmuji tinggal dengan anak semata wayangnya Nisda di Perumahan Graha Indah Lamongan. Bocah yang duduk di bangku kelas 2 SD itu harus mengurus Tarmuji yang lumpuh setiap hari, lantaran sang ibu sudah meninggal sejak setahun lalu.

Kini keduanya hanya bertahan hidup dengan mengandalkan bantuan dari tetangga dan donatur. Bahkan setiap malam mereka harus tidur di teras rumah karena listrik rumah yang mereka tempati sudah diputus PLN.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed