DetikNews
Kamis 13 Juni 2019, 14:59 WIB

Warga Ponorogo Kaget Saat Mancing Dapat Bulus di Sungai Kaliombo

Charoline Pebrianti - detikNews
Warga Ponorogo Kaget Saat Mancing Dapat Bulus di Sungai Kaliombo Bulus yang ditemukan pemancing di Sungai Kaliombo (Foto: Charoline Pebrianti)
Ponorogo - Warga Desa Cekok, Kecamatan Babadan dikagetkan dengan penemuan bulus oleh para pemancing ikan. Bulus atau yang biasa dikenal dengan labi-labi ini tak sengaja terkail di Sungai Kaliombo yang melintas di kawasan Cokromenggalan.

"Sungai ini memang biasa dipakai warga untuk memancing ikan, tapi tidak sengaja ada bulus yang tadi terpancing," tutur pemancing Joni Darmanto (40) kepada detikcom, Kamis (13/6/2019).

Joni mengatakan dia bersama warga lain memang sering memancing ikan di Sungai Kaliombo ini. Airnya yang tenang membuat sungai ini banyak dihuni berbagai jenis ikan. Bahkan pernah ada pemancing yang mendapat ikan lele berukuran jumbo.

"Pernah ada pemancing yang dapat lele panjang 1 meter beratnya 25 kilogram di sungai ini," papar dia.


Namun beberapa hari terakhir, para pemancing sering menjumpai bulus berukuran kecil di sungai ini. Puncaknya baru hari ini, mata kail Joni tak sengaja terkena bulus berukuran besar. Dia pun berinisiatif mengangkatnya dari sungai.

"Beratnya sekitar 40 kilogram, butuh 8 orang untuk mengangkatnya," terang dia.

Usai ditangkap, bulus itu dibawa ke halaman rumah warga di Cekok. Fauna yang memiliki nama ilmiah Chitra citra seketika menjadi tontonan warga setempat.

"Warga penasaran bentuk bulus yang ditemukan di Sungai Kaliombo," imbuhnya.

Joni belum tahu menahu akan diapakan kura-kura berpunggung lunak tersebut usai kemarin tertangkap dari Kali Ombo. Yang jelas, dia juga tak mengetahui jenis bulus tersebut. Apakah masuk kategori dilindungi ataukah tidak. Sebab, belum ada pihak berwenang yang meninjau temuan tersebut.

"Belum tahu nanti bulusnya mau diapakan, tapi ini saya rawat di rumah," pungkas dia.


Tonton video Langit Ponorogo Dihiasi Puluhan Balon Udara:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed