DetikNews
Kamis 13 Juni 2019, 14:46 WIB

Jelang Sidang Sengketa Pilpres, Unibraw Siapkan Video Conference

Muhammad Aminudin - detikNews
Jelang Sidang Sengketa Pilpres, Unibraw Siapkan Video Conference Apel kesiapan sidang PHPU di Mapolres Malang Kota/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Fakultas Hukum (FH) Universitas Brawijaya (UB) menyiapkan tempat untuk video conference jelang sidang sengketa Pilpres 2019. Itu disiapkan untuk pemeriksaan saksi jarak jauh.

Dekan FH Brawijaya M Ali Syafa'at mengatakan, sebelumnya mendapatkan surat pemberitahuan dari MK terkait bergulirnya sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) 2019. Itu merujuk pada kerjasama antara MK dengan UB terkait persoalan sengketa Pemilu. Jadi dimungkinkan untuk pemeriksaan saksi jarak jauh bila diperlukan. Yakni melalui video conference.

"Sebelumnya kami menerima surat dari MK terkait akan dimulainya sidang PHPU. Kami sudah bekerjasama dalam persoalan sengketa Pemilu sebagai ahli. Dengan begitu mulai besok, kita siapkan video conference sampai putusan sidang 24 Juni mendatang," kata Ali saat dihubungi detikcom, Kamis (13/6/2019).

Ali tak menghalangi siapapun yang akan hadir menyaksikan secara langsung jalannya sidang perdana tersebut. Pihaknya juga telah menyiapkan auditorium lantai 6 Gedung A Fakultas Hukum sebagai lokasi video conference.


"Yang mau menyaksikan boleh datang, mulai besok sidang perdananya. Tapi untuk kami, belum diketahui apakah ada jadwal pemeriksaan sebagai saksi ahli. Besok baru sidang perdana, pemeriksaan saksi baru dimulai Senin depan," imbuhnya.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengatakan, sejumlah personel akan diterjunkan untuk mengamankan lokasi video conference yang digelar oleh UB.

"Personel akan ditempatkan di lokasi sebagai tempat video conference digelar. Tentunya, ada penyekatan dan pengaman penuh, demi menjaga kelancaran dan keamanan selama persidangan berlangsung. Karena informasinya ada pemeriksaan saksi nantinya," ujar Asfuri terpisah.


Menurutnya, skema pengamanan masih menunggu hasil koordinasi dengan UB. Asfuri berharap, semua pihak dapat menjaga kondusivitas Kota Malang selama persidangan berlangsung dan masyarakat tidak mudah untuk terprovokasi.

"Kami terus berkoordinasi dengan Brawijaya untuk mengatur pengamanan selama video conference. Kami juga berharap, kondusivitas Kota Malang tetap dijaga," pungkas Asfuri.

Apel Konsilidasi Operasi Ketupat Semeru 2019 dan persiapan sidang Perselisihan Hasil Pemilu Umum (PHPU) digelar di halaman Mapolres Malang Kota pagi tadi. Apel tersebut dihadiri Forkopimda Kota Malang.

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendaftarkan permohonan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 ke MK pada 24 Mei lalu. Sidang perdana akan digelar MK pada Jumat (14/6) besok.



Tonton juga video Ketua MK Rela Nginap Demi Tuntaskan Berkas Sengketa Pemilu:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed