detikNews
Senin 10 Juni 2019, 18:37 WIB

Kuasa Hukum: Chat Vanessa Angel Pribadi, Tak Bisa Dijadikan Bukti

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kuasa Hukum: Chat Vanessa Angel Pribadi, Tak Bisa Dijadikan Bukti Vanessa Angel usai sidang (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Sidang lanjutan Vanessa Angel kembali digelar. Sidang mengagendakan keterangan saksi yang diajukan kuasa hukum Vanessa

Dua saksi yang dihadirkan adalah ahli pidana dan ahli ITE. Mereka adalah ahli pidana dr Ahmad Yulianto dan ahli ITE Rahmat Dwi Putranto. keduanya dari Institut Bisnis Law & Managament (IBLAM) Jakarta.

Milano Lubis, kuasa hukum Vanessa Angel usai persidangan mengatakan keterangan saksi ahli pidana menyebutkan jika UU ITE diterapkan, harus ada pidana pokoknya.


"Kalau mau diterapkan Undang-undang ITE harus diterapkan pidana pokonya, dalam hal ini prostitusi. Mestinya prostitusinya dibuktikan dulu ada atau tidak," kata Milano kepada wartawan di Pengadilan Negeri Surabaya,Jalan Arjuna, Senin (10/6/2019).

Hal yang sama juga disampaikan oleh saksi ahli ITE, Milano mengatakan dalam kasus Vanessa ini jika percakapan dalam handphone milik Vanessa ialah ranah pribadi.

"Dari keterangan saksi ahli adalah percakapan Vanessa ialah ranah pribadi atau privat. Jadi tadi kalau majelis hakim bertanya apakah chat yang ada di HP Vanessa itu yang dijadikan barang bukti oleh penyidik, apakah itu bisa? Ya itu bisa pakai untuk sebagai petunjuk saja, tidak bisa dijadikan alat bukti. Apalagi kalau ini chat-nya hanya dua orang, nah itu chatnya mengarah ke privasi, itu tidak bisa di jadikan bukti," jelas Milano.


Milano menegaskan berdasarkan keterangan ahli, seharusnya unsur pidana yang ditujukan ke Vanessa tidak memenuhi unsur pidana.

"Kalau menurut saksi ahli kita, tidak terpenuhi, karena harus yang utama dulu (unsur pidana), baru ke ITE itu bisa diterapkan, harusnya bebas," pungkas Milano.


Jika Sudah Bebas, Vanessa Angel Ingin Kembali Nyanyi:

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed