Jumlah Pemudik Gratis di Pelabuhan Tanjung Perak Terus Meningkat

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Jumat, 31 Mei 2019 22:01 WIB
Foto: Istimewa
Surabaya - Ribuan penumpang kapal laut yang mendapatkan tiket gratis dari Program Mudik Bareng Pelindo III dari tahun ke tahun terus meningkat. Para pemudik mendapatkan tiket kapal laut gratis dari beberapa pelabuhan di Kalimantan.

Selain itu juga tiket bus gratis dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang dengan rute ke berbagai kota tujuan di Jawa dan Madura.

"Peningkatan animo tersebut menunjukkan adanya kebutuhan dari masyarakat, terutama para penumpang kapal laut yang kebanyakan merantau ke luar Jawa untuk bekerja di sektor informal, misalnya pekerja perkebunan. Sehingga memiliki keterbatasan ekonomi dan sangat terbantu meringankan biaya mudik, apalagi yang mudik bersama keluarga. Pelindo III melayani mereka," kata Direktur Operasional dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto, usai melepas sekitar 1.000 orang peserta mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jumat (31/5).


Berdasarkan data Pelindo III, tren peningkatan animo peserta program mudik gratis cukup signifikan. Pada tahun 2015 tercatat sekitar 5.000 tiket bus eksekutif gratis disediakan untuk para penumpang kapal laut yang tiba di pelabuhan.

Di tahun 2016 meningkat menjadi sekitar 5.600 tiket yang disediakan. Lalu di tahun 2017 meningkat lagi menjadi sekitar 6.000 tiket yang disiapkan. Kemudian pada tahun lalu meningkat dua kali lipat menjadi 14.000 tiket yang disediakan. Bahkan realisasinya tiket yang diberikan melebihi hingga sekitar 16.000 tiket.

"Tahun ini Pelindo III untuk tahap awal menyiapkan 17.500 tiket, tidak hanya untuk tiket bus eksekutif gratis yang dioperasikan Damri, tetapi juga tiket kapal laut Pelni gratis. Bahkan sudah siap untuk mengakomodir jumlah animo peserta mudik gratis tahun ini yang diprediksi kembali meningkat sehinga Pelindo III menyiapkan kuota sampai total 30.000 tiket," jelas Putut.

Putut melanjutkan tiket kapal gratis yang diberikan yaitu untuk 5 rute kapal pelayaran dari Kalimantan ke Jawa yang banyak dibutuhkan para perantau. Rutenya yakni dari Kumai-Tanjung Perak, Kumai-Tanjung Emas, Sampit-Tanjung Perak, Sampit-Tanjung Emas, dan Batulicin-Tanjung Perak.
Semua dilayani oleh kapal milik Pelni, yaitu KM Kelimutu, KM Leuser, KM Binaiya, dan KM Egon. Pada masing-masing rute kapal laut tersebut tersedia 200-300 tiket gratis untuk sekali keberangkatan pada tanggal tertentu yang dimulai H-6 Hari Raya Idul Fitri.


Setelah para pemudik kapal laut tiba di pelabuhan, bisa langsung melanjutkan naik bus gratis dari Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Emas. Awalnya rute yang disiapkan untuk keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ialah untuk 5 jurusan ke Cepu, Madiun, Trenggalek, Blitar, dan Jember.

"Kemudian pada perkembangan terbaru di lapangan ada tambahan 2 rute bus, yaitu menuju ke Sumenep di Pulau Madura dan jurusan ke Malang yang juga ramai dibutuhkan pemudik dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kemudian ternyata pada tanggal 28 Mei lalu ada banyak pemudik tujuan ke Tuban yang minta dilayani, maka akhirnya Pelindo III memberangkat 1 bus untuk mengantar mereka berkumpul dengan keluarga," tambahnya.

Sedangkan dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang keberangkatan bus ialah tujuan ke Tegal, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Yogyakarta, Solo, dan Purwodadi. Bus gratis di kedua pelabuhan yang dikelola Pelindo III tersebut akan tersedia sejak H-7 hingga H-1 Lebaran. (iwd/iwd)