detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 18:02 WIB

Sidak Pasar di Malang, Mendag Sebut Harga Daging di Jawa Timur Termurah

Muhammad Aminudin - detikNews
Sidak Pasar di Malang, Mendag Sebut Harga Daging di Jawa Timur Termurah Mendag sidak pasar di Malang/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Mendag Enggartiasto Lukita menyebut harga daging di Jawa Timur termurah di Indonesia. Hal ini berdasarkan sidak dilakukan di Pasar Lawang dan Pasar Singosari, Kabupaten Malang, hari ini. Harga daging masih berkisar Rp 110 ribu/kg.

"Harga daging di sini (Jawa Timur) lebih murah yakni Rp 110 ribu/kg, di daerah lain tidak begitu. Kemarin saya ke Bandung masih Rp 150 ribu/kg. Jadi lebih murah di sini," terang Enggartiato kepada wartawan di Pasar Singosari Jalan Raya Singosari, Jumat (31/5/2019).

Dikatakan, stok daging sapi di Jawa Timur juga dipastikan aman sampai Lebaran nanti. Ini berdasarkan laporan yang diterima Enggartiasto dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak yang mendampingi saat sidak di Pasar Singosari dan Lawang.


"Pak Wagub (Emil Dardak) juga menyampaikan stok aman sampai Lebaran nanti. Berdasarkan kondisi di RPH (rumah potong hewan) yang ada," ujar Enggartiasto.

Turunnya harga, kata dia, bukan saja berlaku pada daging di Jawa Timur. Melainkan harga komoditas lain, seperti bawang putih hanya Rp 31 ribu/kg, bawang merah, cabet rawit dan juga beras harganya di bawah eceran.

"Bawang putih, bawang merah dan beras semua dibawah HET (harga eceran tetap). Beras medium hanya Rp 9 ribu/kg. Untuk cabe besar memang lagi musim, jadi harga masih di atas normal," bebernya.


Dikatakan, seluruh elemen Kementerian Perdagangan terus menggelar pemantauan langsung harga komoditas di pasaran. Mereka bekerja di 34 provinsi di Indonesia, meski stok relatif aman.

"Namun diharapkan harga bisa segera turun. Semua terus memantau untuk stok dan harga di 34 propinsi," tegasnya.

Selama sidak Enggartiasto didampingi Plt Bupati Malang Sanusi dan Wagub Jatim Emil Elistianto Dardak. Enggartiasto juga sempat berdialog dengan pedagang pasar Lawang yang terdampak kebakaran beberapa waktu lalu.


Tonton juga video Surganya Berburu Busana Muslim Murah di Pasar Tanah Abang:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed