Hindari Macet Menuju Gerbang Tol Madiun, Ini Jalur Alternatifnya

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 30 Mei 2019 12:35 WIB
Gerbang Tol Madiun di Dumpil (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun - Pengendara diminta mewaspadai kemacetan saat masuk gerbang tol Madiun yang ada di Dumpil. Rekayasa arus telah disiapkan polisi agar tidak terjadi penumpukan kendaraan menjelang traffic light di Pos mudik utama Dumpil.

"Kita sudah siapkan jalur alternatif untuk menghindari penumpukan kendaraan menuju gerbang tol di Dumpil. Jadi pemudik tidak perlu khawatir," terang kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono kepada detikcom di pos mudik utama Dumpil Kamis (30/5/2019).

Jalur alternatif dari arah Kota Madiun yang disiapkan oleh polisi untuk menuju gerbang tol di Dumpil, kata Ruruh, yakni dari pertigaan Jogobayan atau utara SPBU Nglames berbelok ke kiri. Dari jalur tersebut, lanjut Ruruh sepanjang sekitar tiga kilo meter pengendara melewati jalan Kecamatan Madiun masuk Desa Tiron, Gunungsari serta Desa Bagi.


"Jadi dari pertigaan Utara SPBU Nglames itu belok ke kiri sekitar tiga km tembus perempatan sumur bor dan masjid desa Bagi belok kanan sekitar satu kilo meter sudah tembus perempatan Dumpil dan langsung belok kiri masuk gerbang tol," katanya.

Ruruh mengungkapkan selain dari simpang tiga Utara SPBU Nglames, jalur alternatif lainnya juga bisa dari jalan samping pos polisi desa Tiron Nglames belok ke kiri. Dari pos polisi desa Tiron itu kendaraan langsung belok ke kiri dan melintasi satu desa yakni Desa Bagi.

"Selain melewati jalan simpang Utara SPBU Nglames, untuk menghindari kemacetan menuju gerbang tol Madiun kita siapkan juga jalur alternatif lain untuk menuju gerbang tol Madiun bisa lewat samping pos polisi Tiron belok kiri nanti ada rambu penunjuk arah," imbuhnya.

Sementara itu jika dari arteri jalan Surabaya Madiun untuk menghindari kemacetan exit tol Dumpil kendaraan dari arah Kota Caruban setelah sekitar tiga kilo meter bisa berbelok ke kiri, tepatnya Simpang puskesmas Balerejo. Dari simpang puskesmas Balerejo belok ke kiri atau selatan dengan rute arah stasiun Babadan.


"Setelah melintas rel KA stasiun Babadan pengendara bisa belok ke kanan menuju kota Madiun untuk menghindari kemacetan di exit tol Dumpil,"ujarnya.

Data yang dihimpun detikcom, prediksi puncak arus mudik di Gerbang Tol (GT) Madiun peningkatannya hingga 3 kali lipat dari hari biasa. Jumlah kendaraan yang keluar Gerbang Tol Madiun, saat puncak diperkirakan mencapai 19.500 hingga 20 ribu kendaraan.

Memasuki H-7 lebaran kemarin (Rabu (29/5) jumlah kendaraan yang keluar di gerbang tol Madiun mulai mengalami peningkatan. Kenaikan hari ini dibanding hari biasa telah mencapai 16 persen. Pada hari biasa kendaraan yang keluar gerbang tol Madiun hanya 6.500 kemarin mencapai 7.600 kendaraan.

Peluang terjadi kemacetan saat akan masuk gerbang tol Madiun diprediksi pada H+2 hingga H+3 lebaran.


Simak Juga 'Begini Siasat Pemerintah Atasi Macet di Jalur Mudik':

[Gambas:Video 20detik]

(iwd/iwd)