detikNews
Rabu 29 Mei 2019, 22:17 WIB

Polisi Hutan Madiun Amankan Tiga Pembalak Kayu Sonokeling

Sugeng Harianto - detikNews
Polisi Hutan Madiun Amankan Tiga Pembalak Kayu Sonokeling Kayu Sonokeling yang dibalak tiga pelaku (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun - Polisi Hutan di Madiun mengamankan tiga orang diduga melakukan pembalakan liar. Kayu yang di tebang oleh pelaku dari hutan KPH Saradan, yakni jenis sonokeling. Oleh polisi hutan ketiga pelaku telah dilimpahkan ke Polsek Saradan.

"Jadi memang bebar, kami jelaskan saat ini Polsek Saradan telah mendapatkan pelimpahan kasus pencurian kayu Sonokeling dari Polhutmob Saradan," terang Kanit Reskrim Polsek Saradan Ipda Agung Yudhirianto kepada wartawan di kantornya Rabu (29/5/2019).

Tiga orang yang diamankan itu kata Agung masih menjalani pemeriksaan berinisial B, S, dan M warga Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Ketiganya melakukan penebangan kayu dan diketahui Polisi Hutan Mobil polhutmob, tadi pagi sekitar pukul 04.00 WIB.


"Yang jelas saat ditangkap, mereka sedang menebangnya," imbuhnya.

Dia menuturkan, saat ini ketiga pelaku masih diperiksa di Polsek Saradan dan belum bisa memberikan keterangan banyak. Selain menyerahkan pelaku, Polhutmob juga menyerahkan barang bukti berupa delapan batang kayu Sonokeling yang baru saja ditebang.

Data yang dihimpun detikcom, satu di antara tiga pelaku yang ditangkap adalah kepala desa di Kabupaten Ngawi. Namun, saat dikonfirmasi, Agung mengatakan belum dapat memastikan karena saat ini ketiga pelaku masih diperiksa.


"Sampai saat ini kami belum tahu, pekerjaan masing-masing. Mereka mengaku bekerja swasta,"tandasnya.

Pantauan detikcom delapan batang kayu sonokeling yang saat ini langka dan memiliki nilai jual tinggi tampak tergeletak di Polsek Saradan. Kayu sonokeling hasil pembalakan itu berdiameter sekitar 50 centimeter.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com