detikNews
Rabu 29 Mei 2019, 11:46 WIB

Polres Ponorogo Gelar Tes Urine Antisipasi Sopir Ugal-ugalan

Charolin Pebrianti - detikNews
Polres Ponorogo Gelar Tes Urine Antisipasi Sopir Ugal-ugalan Para sopir saat menjalani tes urine/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Menjelang Mudik Lebaran, Polres Ponorogo menggelar tes urine dadakan pada para sopir bus di Terminal Seloaji. Tes urine dilakukan untuk mengetahui apakah para sopir menggunakan narkoba atau tidak.

"Tadi ada 13 sopir yang kami tes. Alhamdulilah hasilnya negatif semua," kata Wakapolres Ponorogo Kompol Indah Wahyuni saat ditemui di lokasi, Rabu (29/5/2019).

Sopir yang menjadi prioritas dalam tes urine, lanjut Indah, yakni mereka yang akan mengemudi ke Surabaya dan Jakarta. Pasalnya, kedua tujuan tersebut merupakan tujuan Mudik paling ramai penumpang.


"Jaraknya yang jauh membuat para sopir kadang dengan alasan menjaga stamina lalu mengkonsumsi obat-obatan terlarang kan nggak baik," imbuhnya.

Pantauan detikcom, para sopir yang sedang mangkal di terminal sengaja dikumpulkan untuk menjalani tes urine. Masing-masing mengumpulkan urine dan diserahkan ke petugas untuk mengecek apakah mereka di bawah pengaruh narkoba.

Kemudian Kasatnarkoba Iptu Eko Murbiyanto menambahkan, pihaknya sewaktu-waktu bakal menggelar tes urine lagi. Demi menghindari adanya sopir yang menggunakan narkoba atau atau tengah di bawah pengaruh miras.


"Karena akibatnya bisa fatal, sopir bisa ugal-ugalan di jalan. Tidak memperhatikan keselamatan, kan bahaya buat penumpang," kata Eko.

Selain itu, Eko pun mengingatkan seluruh sopir jika merasa kelelahan sebaiknya berhenti di pos-pos polisi yang tersebar di tiap kota. Sembari menunggu kondisi fit kembali.

"Kalau kelelahan kan bisa bahaya juga, nyopirnya ngawur bisa bikin celaka. Lebih baik kalau lelah, istirahat sejenak. Terus melanjutkan perjalanan demi kenyamanan penumpang," pungkasnya.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed