Lebaran, Dishub Jatim Tak Akan Naikkan Tarif Angkutan

Hilda Meilisa - detikNews
Rabu, 29 Mei 2019 04:53 WIB
Kadishub Jatim Fattah Jasin/Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Dinas Perhubungan Jatim tidak akan menaikkan tarif angkutan selama lebaran. Kepala Dishub Jatim Fattah Jasin mengatakan pihaknya melakukan berbagai upaya untuk menstabilkan harga.

Fattah menambahkan pihaknya telah memastikan jika tak ada kenaikan tarif angkutan, terutama untuk angkutan bus kelas ekonomi.

"Bu Gubernur sesuai kewenangannya tidak melakukan revisi, tidak merevisi tarif angkutan, baik batas bawah maupun atas," ujar Fattah Jasin saat di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Selasa (28/5/2019).

Sementara untuk memastikan tarif angkutan bus di lapangan benar-benar tidak mengalami kenaikan, Fattah menyebut akan menempatkan sejumlah anggota yang menyamar untuk mengawasi.


Sedangkan jika menemukan kenaikan tarif yang tak wajar, Fattah menegaskan akan memberikan sanksi kepada perusahaan angkutan tersebut.

"Ketika ada, itu sudah ada ketentuan. Diperingatkan, sampai dicabut (izin operasionalnya)," tegas Fattah.

Tak hanya itu, Fattah mengatakan persaingan di moda transportasi bus kini memang cukup ketat. Jika ada bus yang menaikkan harga namun dengan fasilitas sama, Fattah yakin akan ditinggalkan penumpang.

"Kalau bus diatur pemerintah itu yang ekonomi. Jadi batas bawah dan atas diatur pemerintah, tapi yang non-ekonomi itu mereka menentukan sendiri. Tetapi sekarang dengan situasi yang persaingan ketat rasa-rasanya kalau menaikkan harga tanpa alasan akan ditinggalkan oleh penumpang," imbuhnya.


Selain bus, Fattah menyebut transportasi lain seperti kereta api hingga kapal penyeberangan tak mengalami kenaikan tarif. Bahkan, tiket pesawat justru mengalami penurunan harga hingga 16%.

"Jadi pesawat yang dulu Rp 1,6 juta, Rp 1,7 juta sekarang, masih diatas Rp 1 juta tapi Rp1,1 hingga Rp1,2 juta," pungkasnya. (hil/fat)