detikNews
Selasa 28 Mei 2019, 19:29 WIB

Tidak Hanya Miras, Polisi Tuban Juga Musnahkan Alat Pembuatnya

Ainur Rofiq - detikNews
Tidak Hanya Miras, Polisi Tuban Juga Musnahkan Alat Pembuatnya Pemusnahan miras di Tuban/Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Sebanyak 653 liter miras arak dan ratusan botol minuman keras berbagai merek dimusnahkan. Selain itu, kepolisian Tuban juga menghancurkan berbagai peralatan untuk membuat miras di industri rumahan.

Polisi menghancurkan 8 dandang besar, belasan tabung elpiji, 5 kompor serta berbagai bahan baku. Dalam pemusnahan barang bukti miras Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono menyampaikan, Operasi Pekat Semeru 2019 berlangsung selama 12 hari. Jajaran Polres Tuban telah mengungkap 58 kasus miras dari 7 kasus Target Operasi (TO).

"Ada sebanyak 58 kasus miras yang diungkap selama operasi pekat. Tiga orang kami tahan karena produksi miras. Sedangkan yang lainnya langsung dilakukan sidang tipiring," kata Nanang Haryono, Selasa (28/5/2019).


"Kasus miras ini rata-rata masih banyak terjadi di Kecamatan Semanding dan kita nggak akan berhenti untuk mengungkapnya," imbuhnya.

Sebelum pemusnahan barang bukti miras, pihak kepolisian menggelar apel pasukan Operasi Ketupat Semeru 2019 di Alun-alun Kota Tuban.


Menurut Nanang, kondisi tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena bersamaan penetapan hasil Pemilu 2019. Aparat gabungan diharapkan melaksanakan pengamanan lebih matang mengingat tingkat kerawanan yang meningkat.

Dalam Operasi Ketupat, Polres Tuban menyiagakan 408 personel gabungan. Terdiri dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Orari serta Pramuka.

"Personel semuanya berjumlah 408. Untuk Polres sendiri ada sebanyak 200 personel yang disiagakan. Antisipasi kerawanan kejahatan dan macet juga telah kita analisa sehingga masyarakat nanti bisa Mudik dan Lebaran dengan baik," pungkas Nanang.



Simak Juga 'Ribuan Miras dan Kepingan Video Porno di Cilegon Dimusnahkan!':

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com