detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 15:10 WIB

Polrestabes Surabaya Tes Urine Sopir Bus Jelang Mudik

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Polrestabes Surabaya Tes Urine Sopir Bus Jelang Mudik Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho di dalam sebuah bus/Foto: Deni Prastyo Utomo
Surabaya - Polrestabes dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengecek kesiapan Mudik Lebaran 2019 di Terminal Osowilangun. Puluhan bus jurusan Surabaya-Semarang dicek untuk memastikan kelayakan kendaraan.

Tak hanya kendaraan yang dicek. Petugas juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap para pengemudi bus. Termasuk tes urine.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho juga ikut melakukan pengecekan. Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan untuk menyambut Mudik Lebaran 2019.


"Kami Polrestabes Surabaya bersama dengan Dishub Kota Surabaya, ingin memastikan dalam rangka menyambut lebaran nanti. Mudik yang dilakukan warga Kota Surabaya ke luar kota harus kita pastikan selamat. Salah satunya mengecek kesiapan sopir dan kendaraannya," kata Sandi kepada media di Terminal Osowilangun, Selasa (21/5/2019).

Sandi berharap Mudik Lebaran 2019 lancar dan zero accident. Itu alasan mereka memeriksa kesehatan sang sopir bus dan melakukan tes urine untuk memastikan mereka bersih dari narkoba.


"Kita cek kesehatan sopirnya dengan melakukan tensi, cek urine. Kami juga bersama Dishub Kota Surabaya juga melakukan pengecekan kelayakan kendaraan yang dipakai untuk mudik di daerah masing-masing," tambah Sandi.

Setelah melakukan pengecekan puluhan armada, pihak kepolisian dan dishub nggak menemukan bus yang tidak layak operasi. Kemudian semua sopir yang tes urine juga negatif menggunakan narkoba.

"Hasil pemeriksaan rata-rata tidak ditemukan ketidaklayakan yang digunakan di jalan raya. Bahkan tadi jika ada ketidaklayakan sanksi paling ringan akan ditilang dan akan dikosongkan penumpangnya. Sehingga tidak membahayakan keselamatan," pungkas Sandi.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed