DetikNews
Sabtu 18 Mei 2019, 05:09 WIB

Kelenteng Tri Dharma Sumbernaga Terbakar Satu Hari Sebelum Waisak

M Rofiq - detikNews
Kelenteng Tri Dharma Sumbernaga Terbakar Satu Hari Sebelum Waisak Kelenteng Tri Dharma Sumbernaga yang terbakar (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Kebakaran meludeskan Kelenteng Tri Dharma, Sumber Naga di Kota Probolinggo. Ironisnya, kebakaran ini terjadi sehari sebelum Hari Raya Waisak yang jatuh pada Minggu 19 Mei 2019.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengaku prihatin atas apa yang menimpa Kelenteng berusia 150 tahun ini.


Hadi mengatakan Kelenteng Tridarma, Sumbernaga merupakan bangunan cagar budaya yang ada di kota setempat. Keberadaannya sudah ada sejak ratusan tahun serta telah jadi jujugan wisata tersendiri di Kota Probolinggo.

"Sungguh terjadinya kebakaran ini di luar dugaan, semoga apinya lekas padam dan tak merembet ke lokasi lainnya," harap Hadi, Sabtu (18/5/2019).


Hadi berjanji ke depan akan mengevaluasi sejumlah tempat penting yang ada di Kota Probolinggo, dengan melengkapi alat pemadam api sebagai sarana dan prasarananya. Tujuannya, agar peristiwa serupa tidak terjadi kembali di Kota Probolinggo.

Meski kobaran api di areal Klenteng sudah berangsur padam, namun warga Kota Probolinggo masih terus bertumpuk di lokasi. Banyak warga yang penasaran, hendak melihat sisa-sisa kebakaran yang menimpa Klenteng, Sumbernaga.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed