DetikNews
Selasa 14 Mei 2019, 13:33 WIB

Yuk, Ngabuburit Seru Sambil Berburu Ikan Asap di Pasuruan

Muhajir Arifin - detikNews
Yuk, Ngabuburit Seru Sambil Berburu Ikan Asap di Pasuruan Berburu Ikan Asap Segar di Pasuruan/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Berkah bulan puasa dirasakan pedagang di Pasar Ikan Asap Beji Kabupaten Pasuruan. Pasar ikan yang ada di Desa Kedungboto ini semakin ramai, terutama di waktu ngabuburit.

Pasar ikan asap Beji menyediakan aneka ikan asap segar mulai nila, bandeng, gurami hingga patin. Selain sudah tersedia ikan asap matang, para pembeli bisa memilih sendiri ikan segar untuk dipanggang di lokasi.

Lokasi pasar ini sangat mudah dijangkau karena berada di tepi jalan Desa Kedungboto. Dari kejauhan sudah bisa terlihat ada puluhan stan pedagang yang terbuat dari bambu dan kayu berjajar memanjang di tepi jalan.

Beberapa di antaranya memiliki cerobong yang mengeluarkan asap. Aroma khas ikan segar yang diasapi langsung menggugah selera saat didekati.

"Bulan puasa sangat ramai, terutama sore hari menjelang berbuka," kata salah seorang pedagang, Junaidi saat ditemui detikcom, Selasa (14/5/2019).


Ia mengungkapkan ikan asap di pasar tersebut digemari karena menggunakan ikan segar. Selain itu, teksturnya lembut dan warnanya coklat memikat. Rasanya juga sangat enak.

Beragam ikan asap di Pasar Beji/Beragam ikan asap di Pasar Beji/ Foto: Muhajir Arifin

Harga ikan asap di pasar ini juga beragam. Rata-rata mulai dari Rp 25-Rp 35 ribu/kg.

"Kami menjaga kualitas. Selain menggunakan ikan segar, proses pengasapannya juga harus sempurna. Proses pengasapan dengan suhu 100 derajat dan relatif lama," terangnya.

Salah seorang pembeli, Supriyanto, mengakui ikan-ikan asap yang dijual di pasar tersebut mempunyai tekstur lembut dan rasanya yang gurih. Selain itu harganya juga terjangkau.

"Ikannya enak, bisa langsung dimakan, bisa pakai sayur, sambal dan macam-macam," katanya.

Di bulan biasa mulai buka sejak pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Selama bulan puasa, Pasar Ikan Asap Beji mulai buka sejak pukul 14.00 WIB hingga 21.00 WIB.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed