detikNews
Jumat 10 Mei 2019, 14:14 WIB

Sanksi Telah Menanti 3 Kades yang Ikut Kampanye di Magetan

Charolin Pebrianti - detikNews
Sanksi Telah Menanti 3 Kades yang Ikut Kampanye di Magetan Divisi Penindakan dan Pelanggaran Kampanye Bawaslu Ponorogo Marji Nurcahyo/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Bawaslu Ponorogo menyampaikan ada 3 kades yang terbukti ikut kampanye salah satu parpol di Magetan beberapa waktu lalu. Ketiga kades tersebut akan mendapatkan sanksi.

"Kita sudah kirim suratnya ke Bupati terkait sanksi ketiga kades tersebut. Bisa berupa sanksi lisan atau tulisan," kata Divisi Penindakan dan Pelanggaran Kampanye Bawaslu Ponorogo Marji Nurcahyo saat ditemui detikcom di kantornya, Jalan Trunojoyo, Jumat (10/5/2019).

Marji menambahkan, ketiga kades melanggar UU Desa Pasal 29 huruf C dan UU No 6 Tahun 2014. Dalam undang-undang tersebut diterangkan bahwa kepala desa dilarang ikut serta dalam kampanye atau Pemilu.


"Hasil dari klarifikasi ketiganya terbukti ikut serta dalam kampanye tersebut," imbuhnya.

Terkait sanksi, lanjut Marji, itu merupakan wewenang Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. Menurutnya tidak menutup kemungkinan akan ada sanksi pemberhentian.

"Bisa juga sanksi pemberhentian sementara atau dapat dilanjutkan dengan pemberhentian," tambahnya.


Menurut Marji, Bawaslu bakal mengawal pelanggaran tersebut sampai ketiga kades mendapatkan sanksi. "Kami terus kawal sampai sanksi yang diberikan seperti apa," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, 3 kades dari Kecamatan Ngebel, Balong dan Jenangan diduga ikut kampanye salah satu parpol di Magetan pada Minggu (7/4) lalu. Beberapa hari setelah mengikuti kampanye mereka dipanggil Bawaslu Ponorogo.



Simak Juga 'Viral saat Kades di Bogor Ajak Warga Pilih Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]


(sun/sun)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed