detikNews
Senin 06 Mei 2019, 04:12 WIB

Tekan Laka Lantas, Sopir Kendaraan di Pantura Disuguhi Kopi Gratis

M Rofiq - detikNews
Tekan Laka Lantas, Sopir Kendaraan di Pantura Disuguhi Kopi Gratis Foto: M Rofiq
Probolinggo - olisi di Probolinggo, Jawa Timur, punya cara tersendiri untuk mencegah kecelakaan. Sopir-sopir kendaraan yang melaju di jalur pantura dihentikan dan disuguhi secangkir kopi.

Pemberian kopi gratis untuk sopir kendaraan pribadi, angkutan umum hingga sopir truk, mulai pukul 21.00 - 03.00 WIB. Tujuan minum kopi ini untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kurangnya konsentrasi.

Diharapkan melalui aksi bagi secangkir kopi ini, para sopir kendaraan bisa fresh kembali dan mampu melanjutkan perjalanannya, selamat sampai tujuan.

Kapolres Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, kecelakaan lalu lintas umumnya terjadi karena human error atau kesalahan manusia, dimana karena kurangnya konsentrasi saat berkendara.

Melalui pembagian kopi gratis, setidaknya dapat mengembalikan stamina para sopir kendaraan, yang sempat terkuras hingga letih selama perjalanan.

"Dengan minum secangkir kopi ini, kami ingin para sopir kembali bugar dan konsentrasinya normal sebelum melanjutkan perjalanan. Kandungan kafein yang terdapat pada kopi, dapat menghilangkan rasa kantuk," kata AKBP Eddwi Kurniyanto, Senin (6/5/2019).

Dalam kegiatan yang merupakan bagian dari Operasi Keselamatan Semeru 2019 ini, Polantas juga menggelar pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi para sopir kondaraan yakni, cek tekanan darah lengkap oleh paramedis Urkes Bhayangkara.

Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Ega Prayudi menyebut, adanya bagi-bagi kopi gratis saat dini hari lantaran kecelakaan lalu lintas umumnya terjadi pada waktu tersebut. Yakni dimulai sejak pukul 02.00 hingga 05.00 WIB.

Ia pun mengimbau, para sopir kendaraan agar memilih berhenti dan istirahat sejenak jika sudah merasa letih, guna mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Harapan saya para sopir dapat menjaga kesehatannya saat berkendara, utamanya saat badan mulai terasa lelah dan letih, ada baiknya untuk berhenti sejenak guna mengembalikan konsentrasinya," terangnya.

Sementara salah seorang sopir bus antar provinsi, Kusnadi (43) mengungkapkan, ia sempat mengaku kaget saat melihat adanya plang pemeriksaan polisi, di jalur depan obyek wisata Pantai Bentar.

Namun setelah tau, jika sedang ada bagi-bagi secangkir kopi gratis ia pun akhirnya tenang bahkan senang, lantaran bisa istirahat sejenak.

"Bagus kegiatan seperti ini, jadi kami para sopir bisa ingat bahwa perlu waktu istirahat agar dapat mengurangi resiko kesalahan saat berkendara di jalan. Apalagi kita berkilo-kilo menempuh perjalanan," terangnya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed